Cari Korban Tenggelam, Kakek di Jeneponto Kesurupan Sambil Jungkir Balik

Nyaris pecahkan batu di kepalanya

Cari Korban Tenggelam, Kakek di Jeneponto Kesurupan Sambil Jungkir Balik
Kakek Sainuddin Sikki berusaha ditenangkan warga saat kesurupan pada proses pencarian korban tenggelam di Desa Jombe, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat (12/11/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Seorang kakek bernama Sainuddin Sikki mengalami kesurupan saat berada di lokasi pencarian korban tenggelam di sungai Desa Jombe, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat (12/11/2021).


Pantauan KABAR.NEWS di lokasi, Sikki awalnya terlihat normal dan begitu segar, Ia nampak ngobrol hingga bercengkarama dengan warga lainnya di lokasi pencarian warga Gowa yang dilaporkan tenggelam tersebut.


Namun beberapa menit kemudian, pria berjanggut putih ini langsung menangis sambil jungkir balik ke arah batu sungai. Bongkahan batu sungai yang berada di depannya tersebut diambil lalu diangkat hingga nyaris dipecahkan di atas kepalanya.


Beruntung, sejumlah warga yang berada didekatnya berhasil mencegah hal tersebut. Namun, parang yang diselipkan kakek itu di pinggang sebelah kirinya juga sempat ditarik namun ditahan oleh warga.


Sontak saja, aksinya itupun mengundang perhatian warga sekitar. Warga berlari ke arah sikki. Beberapa warga bertaya tentang keberadaan korban bernama Accang yang tenggelam sejak Kamis malam hingga sekarang tak kunjung ditemukan.


"Karaeng di mana itu (korban) tenggelam?" tanya salah satu warga kepada Sikki yang diduga kesurupan.


Sontak saja, Sikki pun menunjuk sebuah lokasi bekas tambang pengerukan pasir sungai. Kata warga, lokasi yang ditunjuk Sikki sangat dalam. "Kanjo maki boyai (tambang pengerukan pasir sungai, red)," warga pun sepakat menyisir lokasi itu.


Tak hanya itu, Sikki juga mengangkat kedua tangannya sambil meminta petunjuk kepada Tuhan. Agar korban dapat dimunculkan.


"Tolong lah karaeng, tolong paumbanga nia ngaseng mi keluargana karaeng, tolong lah. (Tolong di munculkan keluargannya korban sudah datang semua)," ucap Sikki bertutur dengan bahasa bugis Makassar.


Sementara itu, Kepala Desa Jombe, Jusmaedy Temba membenarkan jika warganya itu mengalami kesurupan. "Iya dia kesurupan," ujar Jusmaedy kepada KABAR.NEWS.


Jusmaedy menjelaskan bahwa memang Sikki dikenal sosok orang yang mempunyai kelebihan. "Memang orang hebat itu. Ada jug kelebihannya. Coba tidak ditahan tadi itu, dia pecahkan itu batu di kepalanya," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A