Skip to main content

Cara Sederhana Menghilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

Cara Sederhana Menghilangkan Bau Kaki yang Mengganggu
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Bau kaki yang sangat menyengat bisa membuat orang merasa tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bakteri yang tidak normal dan berlebihan sehingga akan menimbulkan bau yang menyengat.

 

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan sangat mengganggu sehingga membuat orang merasa khawatir jika ingin melepaskan sepatu. 

 

Bakteri ini diakibatkan karena seringnya menggunakan kaos kaki yang lembab akibat keringat, tidak memperhatikan kebersihan kaki, kaos kaki dan sepatu. 

 

Oleh karena itu untuk menghilangkan bau kaki perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini

 

Eksfoliasi kaki

Menggunakan scrub atau batu apung dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Jika ingin menghilangkan bau kaki, kamu bisa menggosok kaki menggunakan batu apung 2-3 kali setiap minggu.

Selain itu, kamu juga dapat membersihkan kaki dengan sabun mandi hingga bersih setiap hari. Setelahnya selalu pastikan kaki kering hingga celah-celah jari.

 

Rendam air garam

Merendam kaki dengan air garam bermanfaat sebagai proses pengelupasan kulit mati. Siapkan ember kecil yang berisi air hangat, dan larutkan satu setengah cangkir garam ke dalamnya. Rendam kaki selama 10-20 menit lalu keringkan.

 

Rendam air cuka

Caranya hampir sama dengan rendam air garam, siapkan ember kecil yang berisi air hangat lalu tambahkan cuka secukupnya. Kamu bisa menggunakan cuka apel atau cuka putih untuk ini. Rendam kaki selama 15-20 menit.

Namun, jika kamu memiliki luka di kaki, sebaiknya hindari cara ini. Karena cuka memiliki potensi untuk mengiritasi area kulit yang terbuka.

 

Antiperspirant

Gunakan semprotan deodorant atau antiperspirant pada kaki. Ini dapat mengurangi keringat di kaki.

Jika perawatan rumah tidak efektif untuk menghilangkan bau kaki. Kamu mungkin bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berikut pilihan perawatan yang biasanya dokter akan berikan.

 

Iontophoresis

Salah satu pilihan pengobatan adalah proses yang disebut iontophoresis. Ini adalah pengobatan yang memberikan arus listrik ringan melalui air ke kulit untuk mengurangi timbulnya kaki berkeringat.

 

Botox

Pilihan lain yang digunakan adalah injeksi toksin botulinum atau Botox. Obat ini disuntikkan ke kaki dengan cara yang dikenal sebagai suntikan plantar.

Namun, suntikan ini bisa sangat menyakitkan dan perawatan tidak dapat dilakukan hanya sekali, akan memerlukan perawatan berikutnya.

 

loading...