Calon Presidium Kahmi Sulsel Didominasi Wajah Lama, Roem: Banyak yang Minat

*Juga dari kalangan politisi

Calon Presidium Kahmi Sulsel Didominasi Wajah Lama, Roem: Banyak yang Minat
Ilustrasi Muswil Kahmi Sulsel. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)












KABAR.NEWS, Makassar - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggelar musyawarah wilayah (Muswil) di Kota Makassar, pada Sabtu (15/1/2022). Salah satu agenda dalam forum ini adalah memilih tujuh presidium.


Dari informasi yang dihimpun, calon presidium Kahmi Sulsel masih didominasi wajah-wajah lama. Mereka antara lain Moh. Roem, Ni'matullah, Bachrianto Bahtiar, Irwan Muin, Andi Irwandi Nasir, Fadriaty AS serta lainnya.


Nama-nama di atas juga merupakan pengurus partai politik. Sebut saja Fadriaty, adalah Anggota DPRD Sulsel dan koleganya Ni'matullah dari Fraksi Demokrat. Begitu juga Irwan Muin dan Roem yang berlatar politisi Golkar. Juga Bachrianto Bachtiar berpartai Gerindra.


Roem sendiri belum secara tegas menyatakan  ikut mencalonkan kembali sebagai presidium Kahmi Sulsel. Dia menyerahkan kepada peserta Muswil dari daerah untuk menentukan sikap.


"Kalaus saya pribadi, Kahmi itu kan banyak anggotanya, banyak kadernya. Ya, cukup satu kali mungkin. Tidak perlu saya memperpanjang kepengurusan saya. Tetapi, itu yang punyak hak urusan majelis daerah, terserah mereka mau diteruskan (kepengurusan saya)" ujar Roem saat dihubungi KABAR.NEWS, Jumat (14/1/2022).


Mantan Ketua DPRD Sulsel dua periode itu hanya ingin fokus menyukseskan segala rangkaian Muswil Kahmi. Roem merupakan presidium Kahmi Sulsel sejak tahun 2017.


"Masalah kepengurusan itu hak peserta siapa yang dia mau. Tidak boleh kita mendahului. Karena sekarang ini kan banyak yang berminat jadi presidium," kata Roem.


Sementara, Fadriaty atau karib disapa Enceng belum menjawab permintaan wawancara KABAR.NEWS soal namanya yang masuk bursa presidium Kahmi Sulsel. Dua orang yang masuk tim Enceng membenarkan politisi asal Luwu Raya itu bakal maju.


Selain kalangan politisi, bursa calon presidium Kahmi Sulsel juga ramai disebutkan dari para akademisi. Dua nama di antaranya adalah Rektor UIN Alauddin Makassar Hamdan Juhannis dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, Aminuddin Syam. Keduanya belum memberi konfirmasi terkait isu tersebut.


Sekretaris Panitia Muswil Kahmi Sulsel Nasaruddin Upel tidak menampil sejumlah nama yang beredar adalah calon presidium. Panitia baru akan membuka pendaftaran saat forum mulai. 


"Pemilik suara adalah setiap majelis daerah. Kalau calon, tidak harus pernah menjadi pengurus Kahmi yang penting dia alumni HMI," ujar Nasaruddin Upel kepada KABAR.NEWS lewat sambungan telepon.


Upel menandaskan, Muswil Kahmi Sulsel sudah siap digelar sesuai jadwal dan persiapan telah rampung. Sejumlah tokoh nasional dipastikan hadir di Novotel Makassar sebagai lokasi penyelenggaraan.


"Yang konfirmasi hadir itu abang Ahmad Doli Kurnia, beliau salah satu presidium Kahmi Nasional. Beliau juga pemateri seminar nasional nanti. Kemudian ada Arief Rosyid Hasan dan Sekjen Kahmi Nasional Manimbang Kahariady," tandas Upel.


Selain nama-nama di atas, politisi yang disebut-sebut bakal calon presidium Kahmi Sulsel antara lain; Tobo Haeruddin (NasDem), Muhammad Nasir (Golkar), Syahruni Aryanti (NasDem), Andi Irwandi Nasir (PAN) dan Muhammad Fauzi (Golkar). Kemudian dari kalangan profesional adalah Baharuddin Hafid dan Bahtiar Manadjeng.