Skip to main content

Butuh Tenaga Kerja, Malaysia Bakal Gelar Job Fair di Makassar

kerjasama
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, bersama Konsulat RI Sarawak Malaysia Yonny Tri Prayitno. (IST)

 

KABAR.NEWS,Makassar - Pemerintah Sarawak Malaysia melalui Konsulat Republik Indonesia (RI), Yonny Tri Prayitno, menemui Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Senin (4/3/2019).

 

Dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan kerjasama antara Pemprov Sulsel dan Pemerintah Malaysia dalam bentuk Job Fair. Nantinya akan dilaksanakan Makassar. Namun terkait waktu, Sudirman mengaku belum ditetapkan. Sebab masih dibicarakan lebih jauh soal persiapan teknis.

 

"Tapi jenis job-jobnya dan kriterianya nanti akan dikasi lihat ke kita. Yang mana saja dibutukan, katanya ada 40 ribuan orang. Job Fair ini akan dibahas lebih lanjut," kata Sudirman saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel.

 

Sementara itu, Konsulat RI Serawak Malaysia, Yonny Tri Prayitno, menilai kerjasama melalui job fair ini merupakan peluang bagi masyarakat Sulsel untuk bisa bekerja di Malaysia.

 

"Mereka akan memberikan sedikit gambaran mengenai profil industri mereka, dan pekerjaan apa saja yang mungkin terbuka peluangnya untuk bekerja di Malaysia," paparnya.

 

Diketahui, pihak Serawak membutuhkan sekitar 30 ribu tenaga kerja dari Sulawesi Selatan di sektor perkebunan dan sekitar lima ribu untuk sektor manufactur.

 

Sementara untuk sektor konstruksi juga dibutuhkan sekitar 5 ribu orang. "Karena Malaysia juga cukup pesat dalam pertumbuhan ekonomi, tetapi mereka kekurangan pada tenaga kerja," ungkapnya.

 

Andi Khaerul

 

loading...