Bupati Jeneponto minta Kades yang Dilantik Jangan Beda-bedakan Warga

*41 kepala desa hasil Pilkades 2021

Bupati Jeneponto minta Kades yang Dilantik Jangan Beda-bedakan Warga
Pelantikan 41 kepala desa oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, di Lapangan Stadion Mini Turatea, Kamis (30/12/2021). (IST/HMS)

KABAR.NEWS, Jeneponto - Bupati Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Iksan Iskandar melantik 41 kepala desa (Kades) yang terpilih pada pilkades serentak November 2021. Pelantikan digelar di Stadion Mini Turatea, Kamis (30/12/2021).


Iksan Iskandar meminta kepada para kades yang baru dilantik untuk tidak membeda-bedakan warganya.


"Karena itu dengan dilantiknya kepala desa terpilih ini maka tidak boleh lagi ada perbedaan, tidak boleh lagi ada sekat-sekat pilihan di tengah-tengah masyarakat," ujar Iksan Iskandar saat memberikan sambutan.


Menurut Iksan, beda pilihan di pilkades merupakan hal yang sangat wajar dalam pesta demokrasi. Ia berharap agar jabatan yang diemban oleh kades tidak dipergunakan untuk kepentingan tertentu.


"Tidak ada lagi kombatan kepentingan semuanya harus sudah bersatu saling merangkul, memperkuat silaturahmi, bersama-sama bekerja membangun desa mewujudkan pembangunan," harap Iksan.


Ia mengakui bahwa kades yang terpilih hingga dilantik merupakan orang-orang yang sudah ditakdirkan.


"Karena kita menyadari pula bahwa yang terpilih dan dilantik merupakan bagian perjalanan takdir hidupnya yang telah digariskan oleh Allah SWT," katanya.


Iksan menambahkan, saat ini desa semakin diberdayakan sejak berlakunya 
Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, bertujuan memberikan pengakuan dan kejelasan desa akan status kedudukannya dalam sistem ketatanegaraan.


"Negara memberikan kewenangan kepada desa dalam melestarikan adat tradisi serta budaya masyarakat desa serta diberikan kewenangan dalam membangun untuk memprakarsai peran," terangnya.


Selain itu, Iksan mengingatkan agar pengelolaan anggaran haruslah disikapi dengan bijak dan sesuai regulasi atau perundang-undangan yang ada.


Penulis: Akbar Razak/C