Skip to main content

Bupati Bersama Warga Komitmen Wujudkan Gowa Bersih Tanpa Kumuh

Bupati Gowa Bersama Warga Komitmen Wujudkan Gowa Bersih Tanpa Kumuh
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menghadiri pembukaan Forum Daerah Badan Keswadayaan Masyarakat (FD-BKM) yang dikemas dalam kegiatan Jambore One Day di Danau Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu.

KABAR.NEWS, Gowa - Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan menandatangani komitmen bersama terkait ajakannya kepada seluruh agen perubahan untuk berkomitmen bersama pemerintah guna menjadikan Gowa bersih dan Gowa Menjadi daerah Tanpa Kumuh.


Baca juga:

Penandatanganan tersebut dilakukan disela-sela pembukaan Forum Daerah Badan Keswadayaan Masyarakat (FD-BKM) yang dikemas dalam kegiatan Jambore One Day di Danau Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Minggu (21/10/ 2018).

Bupati Adnan mengatakan, penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang rumit bagi pemerintah kota/kabupaten karena selain merupakan masalah, di sisi lain ternyata merupakan salah satu pilar penyangga perekonomian kota. 

"Kegiatan pembangunan infrastruktur skala lingkungan yang dimotori oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) pada Program Kotaku dan kegiatan kolaborasi lainnya di tingkat kelurahan adalah dalam rangka pencapaian nol kumuh pada tahun 2019 mendatang, sehingga, dibutuhkan komunitas-komunitas sebagai pemelihara dari pemanfaat langsung atas kegiatan yang telah terbangun selama ini dengan menggunakan dana yang cukup besar," jelasnya. 

Dijelaskan Adnan, Kabupaten Gowa, di tahun anggaran 2018,  mendapat alokasi DIPA untuk Bantuan Dana Investasi (BDI) sebesar Rp11.550.000.000 yang tersebar pada 10 kelurahan dan jumlah dana yang telah terserap sebesar Rp11.500.000.000 dengan progress fisik sebesar 82 persen.

"Sementara empat kelurahan lainnya yang hingga kini belum tersedia DIPA-nya menunggu proses revisi DIPA dan semoga dalam waktu dekat ini juga bisa direaliasikan," jelas Adnan. 

Lanjutnya, terkait realisasi dana kolaborasi yang bersumber dari APBD I dan APBD II serta pihak swasta dan swadaya masyarakat selama tahun 2018 adalah sebesar Rp6.119.786.500. 

Dengan pencapaian diatas maka harapannya kerja-kerja kolaborasi dapat lebih ditingkatkan lagi kedepannya.

"Atas capaian tersebut diatas, harapannya agar dapat terus berkelanjutan dan terpelihara seiring dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, maka wadah yang paling diharapkan untuk menjadi motor penggerak kegiatan ini adalah Komunitas Forum BKM, KPP bersama Forum Komunitas Peduli Kotaku dalam upaya menuntaskan kumuh di Kabupaten Gowa," tandas Adnan.

 

Bupati Gowa Bersama Warga Komitmen Wujudkan Gowa Bersih Tanpa Kumuh

 

Dengan begitu, Bupati Adnan mengajak masyarakat untuk mensukseskan pembangunan di Gowa dengan kerjasama empat pilar.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Kabupaten Gowa H Muchlis, Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, Dandim 1409 Letkol Arh Nur Subekhi, Ketua Pengadilan Negeri Gowa Ismail, Kajari Gowa Susanto, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa dan para Kepala Satker PKP dan PPK Gowa dan Camat Somba Opu Indra Wahyudi Yusuf dan undangan lainnya.

  • Afrilian Cahaya Putri


loading...