Bulan Ramadan, Makassar Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Danny yakin karena vaksinasi terhadap guru

Bulan Ramadan, Makassar Uji Coba Sekolah Tatap Muka
Foto ilustrasi. Siswa sekolah di Jeneponto, Sulsel, belajar tatap muka saat pandemi Covid-19. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan, berencana melakukan uji coba sekolah tatap muka pada bulan April hingga Mei atau Ramadan 2021.


"Kita akan persiapkan selama bulan Ramadan, setelah bulan ramadhan kita akan mencoba pembukaan sekolah, setelah seluruh perangkat sekolah sudah diukur kesehatannya, Insya Allah kita akan segera tatap muka," kata Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, di Lapangan Karebosi, Sabtu (27/3/2021). 


Danny sapaan Ramdhan Pomanto merasa yakin bahwa sekolah di Makassar bisa segera dibuka. Hal itu setelah ia melihat vaksinasi yang memprioritaskan tenaga pendidik atau guru. (Baca juga: Danny Ingin Stadion dan Rel Kereta Dibangun di Untia Makassar)


"Dengan 2 ribu dalam 2 hari, berarti kita hanya butuh seluruh ASN Guru selesai, dengan bertambahnya 2 hari lagi, 4 ribu guru honorer dan guru swasta bisa selesai," klaim Danny.


Olehnya itu, dirinya mengatakan hanya menunggu proses vaksinasi tahap kedua untuk guru sebelum menerapkan sekolah tatap muka.


"Kesiapan kita untuk sekolah sudah mulai terbuka dan setelah mereka pada vaksin kedua, maka insya Allah itulah persiapan yang lebih baik lagi untuk tatap muka di sekolah," katanya.


Kendati demikian, Danny mengungkapkan sejumlah guru masih terkendala dalam pemberian vaksin. Hal ini disebabkan banyak guru tak memenuhi syarat saat screening sebelum divaksin. 


Namun dirinya memastikan akan sigap menangani para guru yang memiliki riwayat penyakit, agar bisa ditangani lebih lanjut.


"Tidak semua guru, karena ada yang hamil, ada yang penyintas, ada halangan lain yang menyangkut tekanan darah. Kami kita merencanakan semua guru, termasuk treatment-nya. Jadi kalau ada yang dinyatakan sakit, atau terdeteksi di sini langsung kita treatment," tandasnya. (Baca juga: Danny akan Atur Menu Restoran di Makassar, Setiap Acara Dianjurkan Minum Sarabba)


Sekadar diketahui, rencana sekolah tatap muka di Makassar lebih cepat dari rencana pemerintah pusat yang menarget pembukaan sekolah secara umum dimulai Juni 2021.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B