Skip to main content

Bulan Kesehatan Gigi di Makassar Target Seribu Pasien Perawatan Gigi

Bulan Kesehatan Gigi di Makassar Target Seribu Pasien Perawatan Gigi
Pembukaan BKGN ke-10 di RSGM Unhas, Jalan Kandea, Makassar, Jumat (13/9/2019). (KABAR.NEWS/Mustawaf Ansar).

KABAR.NEWS, Makassar - Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kembali digelar di Kota Makassar, tepatnya di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Jalan Kandea, Jumat (13/9/2019).


Kegiatan ini merupakan rangkaian dari BKGN yang bakal digelar di sejumlah kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi dan 40 Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di berbagai wilayah.


BACA JUGA: Indonesia Menari 2019 Target 6500 Peserta, Makassar Ditunjuk Jadi Pelaksana

Gerakan BKGN diinisiasi brand pasta gigi Pepsodent berkolaborasi dengan FKG Unhas, serta Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). Kegiatan ini mengkampanyekan "Indonesia Tersenyum".


"Salah satu kegiatan BKGN adalah bagaimana masyarakat ikut terlibat dalam mengkampanyekan kesehatan gigi dan mulut atau disebut dengan pahlawan senyum," ujar Ketua Panitia BKGN ke-10 Makassar, Drg. Irfan Damar ST, Pros saat ditemui di lokasi kegiatan.


Selama tiga hari ke depan, kata Irfan Damar, BKGN ke-10 di Makassar akan diisi dengan perawatan dan pelayanan gigi anak, perawatan dan pelayanan cabut gigi dewasa serta perawatan tambal gigi


Juga BKGN ke-10 di Makassar akan dilakukan perawatan dan pelayanan pembersihan karang gigi dengan tujuan agar penduduk Indonesia dapat bebas dari gigi berlubang. Kegiatan ini menargetkan 1.000 pasien yang dapat tercover, 300 pasien anak, dan 700 pasien dewasa.


Sementara, Kepala Divisi Kesehatan dan Kesejahteraan Lembaga Yayasan Unilever Indonesia, Drg. Ratu Mirah Afifah mengatakan, Gigi berlubang masih menjadi masalah besar di Indonesia.


BACA JUGA: Weekend dengan Jogging dan Senam Zumba di Taman Pakui Sayang

"Buktinya hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 88,8 persen masyarakat Indonesia memiliki masalah gigi berlubang, bahkan permasalahan Ini juga dialami oleh 92,6 persen anak Indonesia berumur 5 tahun," tutur Ratu Mirah.


Maka dari itu, Ratu Mirah menitik beratkan bahwa kampanye Indonesia Senyum dan Pahlawan Senyum tak lain merupakan komitmen Pepsodent untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut.


  • Mustawaf Ansar/CP/B

 

loading...