Bukannya Ibadah, Pria Ini Pergi ke Masjid untuk Curi Kotak Amal

Kejadiannya di Kabupaten Sidrap

Bukannya Ibadah, Pria Ini Pergi ke Masjid untuk Curi Kotak Amal
Kedua pelaku pencuri kotal amal masjid di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. (IST)






KABAR.NEWS, Sidrap - Kelakuan Rahim (24) dan AL (17) tak bisa ditolerir. Kedua pria ini pergi ke sejumlah masjid di Kabupaten Sidrap, Sulsel, bukannya untuk beribadah, melainkan untuk mencuri kotak amal atau celengan masjid.


Aksi kedua pemuda ini akhirnya berakhir di tangan personel Satuan Reskrim Polres Sidrap. Mereka dibekuk di tempat persembunyiannya di Kelurahan Majjelling, Kecamatan Maritengngae, Sidrap, pada Rabu (3/2/2021).


Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKB Benny Pornika mengatakan, kedua pelaku sudah dua kali menggondol kotak amal masjid. Salah satu aksinya menggunakan mobil menyatroni masjid.


"Pertama itu Kamis, 14 Januari 2021 di Masjid Fastabiqul Haerat di Jalan Poros Sengkang, mereka menggunakan mobil saat itu. Yang kedua Senin, 1 Februari 2021 di Masjid Nurul Jihad Wala. Aksinya semua itu terekam CCTV," kata Benny dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/2/2021).


Dari hasil pendalaman, salah satu pelaku yakni Rahim ternyata merupakan pemain lama dalam aksi kriminal. Dia diketahui sudah dua kali keluar-masuk penjara.


"Residivis juga, tahun 2017 pernah melakukan aksi curanmor dan kembali melakukan aksi pencurian dan diproses 2019 lalu," ucap Benny.


Kini dua pelaku pun masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Duapitue Sidrap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.


Penulis: Reza Rivaldy/B