Bukan Persija vs PSM, Ini Alasan PT LIB Ubah Laga Perdana Liga 1

* Mendadak berubah

Bukan Persija vs PSM, Ini Alasan PT LIB Ubah Laga Perdana Liga 1
Juara Liga 1 musim 2022/2023 PSM Makassar. (Ilustrasi/KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - PT Liga Indonesia Baru (LIB) merubah pertandingan perdana Liga 1 musim 2023/2024, dari yang awalnya mempertemukan Persija Jakarta melawan PSM Makassar, menjadi Bali United bertemu PSS Sleman pada Sabtu (1/7/2023). 

Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra mengatakan, pergeseran minor jadwal Liga 1 dari draf awal yang dikirim kepada klub, menyesuaikan dengan izin kepolisian dan jadwal PSM serta Bali United yang berlaga di kompetisi Asia. 


“Jadwal yang disusun sudah menyesuaikan dengan agenda timnas dan Kamtibmas Polri. Pergeseran minor karena menyesuaikan dengan jadwal tim yang akan berlaga di AFC Cup," kata Asep seperti dilansir dari laman Liga 1, Jumat (23/6/2023).


Perubahan mendadak laga perdana Liga 1 yang seharusnya dimainkan Persija vs PSM, juga disebabkan jadwal dari AFC itu baru dikirimkan pada Kamis kemarin.


Alhasil, laga Persija kontra PSM digeser pada Minggu, 2 Juli, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Sementara partai perdana antara Bali vs Sleman berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta.


Asep menambahkan bahwa Liga 1 musim ini akan memainkan 306 pertandingan atau hingga pekan ke-34 pada babak reguler. 


Lebih lanjut Asep juga menginformasikan pada pekan pertama Liga 1 2023/24 akan dilangsungkan 9 pertandingan. 


“Prinsipnya, semua pertandingan memiliki bobot yang sama. Masing-masing akan saling menentukan,” tambahnya.


Asal diketahui, format Liga 1 2023/2024 menerapkan konsep Championship series, yang mana akan mengambil empat tim teratas dari reguler series untuk kembali bertanding dalam dua leg demi memperebutkan gelar juara.