Skip to main content

Bukan Ducati, Honda atau Yamaha, Rossi Anggap Pabrikan Ini Semakin Kuat

Bukan Ducati, Honda atau Yamaha, Rossi Anggap Pabrikan Ini Semakin Kuat
Valentino Rossi. (IST/MotoGP)

KABAR.NEWS - Seri perdana MotoGP 2019 di Losail Qatar pekan lalu, membuka penilaian Valentino Rossi tentang kekuatan tim pabrikan pada balapan musim ini.


Baca juga: Rossi Ragu Bisa Bersaing di MotoGP 2019 

Namun Rossi tak menganggap Ducati dan Yamaha atau pun Honda tim yang menjanjikan musim balap MotoGP 2019, tapi penilaian juara dunia 9 kali itu mengarah pada tim Suzuki.


Yah, Rossi berpendapat bahwa pabrikan tim Suzuki memperoleh keuntungan terbesar selama musim dingin. Penilaian Rossi sangat mendasar. Di Losail Qatar, rider asal Italia itu berada di bawah Alex Rins peringkat ke-4 yang tak lain adalah pembalap Suzuki Ecstar.


"Saya senang karena balapan yang bagus tetapi masalahnya adalah kami tiba di belakang Ducati, Honda, Honda non-pabrik dan juga di belakang Suzuki," jelas Rossi. “Masalahnya adalah Suzuki kuat di sini." kata Rossi, dilansir dari Crash, Rabu (20/3/2019).

 

Selain dirinya harus bersaing dengan Alex Ring sepanjang lap MotoGP Qatar, rekan setim Rossi yakni Danilo Petrucci, harus bersaing dengan Joan Mir yang juga pembalap Suzuki.


Alex Rins (biru) saat balapan MotoGP di Sirkuit Losail Qatar. (Twitter/Suzukimotogp)
Alex Rins (biru) saat balapan MotoGP di Sirkuit Losail Qatar. (Twitter/Suzukimotogp)

Lantas bagaimana dengan performa Yamaha YZR M1 yang dia tunggangi? Rossi mengaku kinerja motornya "kurang lebih sama saat musim MotoGP 2018. Problem mendasarnya adalah ada pada cengkeraman dan akselerasi roda di bagian belakang motor. 


Baca juga: Ducati Anggap Protes dari Empat Tim MotoGP adalah Politis

Rossi merasa berada pada level yang sama dengan pembalap Honda, Cal Crutchlow saat balapan di Losail, tetapi laju pembalap Suzuki Alex Rins, menurut Rossi adalah penyebabnya meraih podium.


"Cal sangat kuat tahun lalu. Aku bisa mengalahkannya dalam beberapa pertarungan, aku kehilangan sedikit waktu sehingga lebih atau kurang Cal ada di level yang sama. Tapi peningkatan yang lebih besar adalah dari pembalap Suzuki," tegas Rossi.

 

loading...