Buka Kongres HMI, Jokowi: Terlalu Banyak HMI di Kabinet

Dari Mahfud hingga SYL

Buka Kongres HMI, Jokowi: Terlalu Banyak HMI di Kabinet
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pembukaan Kongres HMI ke-31 secara virtual. (Screenshot YouTube/Setneg)






KABAR.NEWS, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan pada pembukaan Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3/2021) 


Dalam pembukaan ini, Jokowi menyinggung ada banyak kader atau alumni HMI yang mengisi Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.


"Kabinet Indonesia Maju ini dipenuhi banyak sekali kader-kader HMI. Saya sebutkan pak Menko Polhukam, Prof. Mahfud MD," ujar Jokowi pada tayangan Youtube Sekretariat Negara.


Jokowi juga menyebut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy adalah alumni HMI. Juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.


Seain itu,  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa; Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan juga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.


"HMI semuanya, mungkin ada yang gak saya sebut. Tapi ini sudah, bukan banyak, terlalu banyak," kelakar Jokowi.


Diketahui, Kongres HMI ke-31 digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turut hadir dan menyampaikan sambutan secara langsung di lokasi kongres organisasi hijau hitam.