Skip to main content

Budiman Sudjatmiko: Gempa Lombok dan Donggala Tak Perlu Ditetapkan Bencana Nasional

PDIP
Politisi PDI-Perjuangan Budiman Sudjatmiko usai diskusi publik di Jakarta Selatan. (KABAR.NEWS/Ruslan)

KABAR.NEWS, Jakarta - Budiman Sudjatmiko mengatakan, bencana alam yang menghantam wilayah Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Donggala-Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) tak perlu ditetapkan sebagai bencana nasional.

Sebab, saat ini pemerintah telah melakukan penanganan yang serius, dan Indonesia masih sanggup mengatasi bencana tersebut. "Enggak, enggak usah ditetapkan sebagai bencana nasional ya. Yang penting sekarang pemerintah sudah melakukan penanganan," ujar politisi PDI-P Budiman Sudjatmiko, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Apalagi, kata dia, negara-negara luar turut membantu evakuasi dan bantuan dana untuk korban bencana, sehingga pemerintah tak perlu menetapkan sebagai bencana nasional. Begitupun dengan sejumlah relawan yang turun langsung di lokasi, ikut membantu pemulihan wilayah gempa.

"Selama ini kan penanganannya masih bisa. Lagi pula sekarang negara-negara (asing) juga bisa untuk diatur, untuk bisa melakukan bantuan. Saya pikir sekarang pemerintah sudah bekerja. Relawan sedang bekerja," terangnya

Anggota Komisi VIII DPR RI ini menilai, hal terpenting dalam mengatasi korban pasca gempa dan tsunami di Palu yakni penangannya harus segera dipercepat dan anggaran dari pemerintah segera dicairkan. "Penanganannya dipercapat dan anggarannya segera turun," tutupnya.

  • Ruslan