Buckingham Palace Berduka, Pangeran Philip Wafat Usia 99 Tahun

Pangerang Philip meninggal setelah mengalami infeksi dan mendapatkan perawatan di RS.

Buckingham Palace Berduka, Pangeran Philip Wafat Usia 99 Tahun
Pangerang Philip bersama Ratu Elizabeth II. (Foto: People)

KABAR.NEWS - Kabar duka menaungi Kerajaan Inggris saat Pangeran Duke of Edinburgh atau Pangeran Philip meninggal dunia diusia 99 tahun Windsor Castle. Suami Ratu Elizabeth II itu sebelumnya mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

Kabar meninggalnya Pangeran Philip ini diumumkan oleh Buckingham Palace dalam pernyataannya.

"Dengan kesedihan yang mendalami, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan meninggalnya sang suami tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," demikian pernyataan Buckingham Palacewaktu setempat dilansir Metro.co.uk dan AFP, Jumat (9/4/2021).

"Yang Mulia meninggal dunia secara damai pagi ini di Windsor Castle," dalam pernyataan tersebut.

Anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya telah diberitahu kabar meninggalnya Pangeran Philip. Diperkirakan bendera setengah tiang akan dikibarkan di seluruh Inggris.

Pangeran Philip sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di King Edward VII Hospital dan St Bartholomew's Hospital karena infeksi dan sukses menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip, menurut laporan BBC, diketahui keluar masuk rumah sakit selama beberapa tahun terakhir.

Tapi secara keseluruhan, usia lanjutnya ditandai oleh kondisi kesehatan yang baik dan energinya; dia berhenti merokok pada hari dia menikahi Ratu; dia tidak pernah mabuk berat dan selama beberapa dekade rajin berolahraga, mendorong dirinya sendiri terus-menerus agar tetap bugar dan kuat ketika orang lain mungkin tergoda untuk santai.

Terakhir kali terlihat di depan umum, Pangeran Philip tampak dalam keadaan sehat, berdiri tanpa bantuan. Dia sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit pada Februari lalu.