Skip to main content

Brigjen (Purn) TNI Andi Sose, Sosok Pejuang Kemerdekaan Indonesia Tutup Usia

Andi Sose
Alm Brigjen (Purn) TNI Andi Sose.


KABAR.NEWS, Makassar - Kabar duka menyelimuti Sulsel. Sosok penjuang kemerdekaan Republik Indonesia, Brigjen (Purn) TNI Andi Sose berpulang ke Rahmatullah di usia 89 tahun, Selasa (26/3/2019). 


Kabar wafatnya Andi Sose beredar pesan berantai di sejumlah WhatsApp Group.  Saat ini  jenazah Almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Sungai Tangka, Kota Makassar. Belum ada kepastian dimana pejuang kemerdekaan ini akan dikebumikan.


Baca Juga:


Sosok Andi Sose dikenal sebagai pejuang kemerdekaan dalam Pasukan Laskar yang dipimpin Daeng Bahang. 


Dikutip dari Tirto.id, Pasukan Laskar ini disebut menjadi “Harimau Indonesia.” Menurut Radik Djarwadi dalam Surat Dari Sel Maut: Kisah Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi (1960), Andi Sose termasuk anggota penting Laskar Harimau Indonesia yang dipimpin Monginsidi.


Andi Sose juga bergabung dengan Lasykar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS) melawan tentara Belanda. Nama Sose tercatat pada Tugu Harimau di tengah Kota Makassar.


Andi Sose berhasil menghimpun banyak pejuang di masa gerilya itu. Ia menjadi komandan Laskar Harimau Indonesia daerah Enrekang utara. Setelah pasukannya kuat, Sose bergerilya ke selatan Kota Enrekang.


Setelah Indonesia merdeka, Andi Sose lebih dikenal sebagai seorang mantan tentara. Membangun bisnis dan mengelola institusi pendidikan.