Skip to main content

BREAKING NEWS: Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda

Breaking News: Pilkada Serentak Resmi Ditunda Hingga 2021
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sedang menyusun kotak suara yang terbuat dari kardus, di Kantor KPU Kota Makassar, Jl. Perumnas Antang Raya Makassar, Selasa (12/02/2019).  (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Jakarta - Hasil rapat dengar pendapat (RDP) Komisi II DPR RI dengan KPU, Bawaslu dan Kemendagri pada Senin (30/3/2020) memutuskan Pilkada Serentak 2020 ditunda hingga tahun 2021.


"DPR Komisi 2 DPR, Pemerintah/Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP sepakat bahwa Pilkada 2020 dengan pemungutan suara tanggal 23 September 2020 ditunda," kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam postingan Instagram-nya dikutip KABAR.NEWS.


Menurut Fritz, penundaan pencoblosan Pilkada serentak yang sedianya digelar pada 21 September, akan ditunda sampai dengan tahun 2021 yang tanggal-nya akan ditentukan kemudian.


"Alas hukum yang akan dipergunakan adalah Perpu. Dana Hibah untuk NPHD yang sudah ditanda-tangani akan dikembalikan ke pemerintah daerah untuk dipergunakan dalam penanganan bencana Covid-19," tandasnya.



Berdasarkan surat kesimpulan RDP pada Senin hari ini yang diperoleh KABAR.NEWS, DPR dan Kemendagri bersama penyelenggara Pemilu menyepakati 4 poin terkait Pilkada serentak 2020.


Salah satu poin krusial dalam surat tersebut adalah Komisi II DPR RI meminta kepada kepala daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 agar merealokasikan anggaran tersebut untuk penanganan Covid-19.


Dalam surat itu juga yang diteken Mendagri Tito Karnavian serta Pimpinan Komisi II DPR, pelaksanaan Pilkada lanjutakn akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara DPR, Pemerintah dan KPU.

 

Flower

 

loading...