Brasil Tangguhkan Uji Coba Vaksin Corona Sinovac China

Karena Efek Samping

Brasil Tangguhkan Uji Coba Vaksin Corona Sinovac China
Seorang dokter menunjukkan kotak vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Biotech di Rumah Sakit Sao Lucas, di Porto Alegre, Brasil selatan pada 8 Agustus 2020. (AFP via Trtworld)

KABAR.NEWS, Brasilia - Regulator kesehatan Brasil telah menangguhkan uji klinis tahap akhir untuk vaksin Virus Corona, Sinovac China, dengan alasan efek samping yang ditimbulkan vaksin ini.


Regulator kesehatan Brasil, Anvisa, mengatakan pada hari Senin bahwa uji coba vaksin produksi Sinovac sudah berlangsung sejak 29 Oktober. Regulator tidak merinci apakah telah terjadi insiden kematian akibat uji coba ini.

Institut Butantan Sao Paulo yang memproduksi vaksin ini secara lokal, sedang mencari tahu kejadian sesungguhnya yang menyebabkan uji coba tahap akhir dihentikan. 


Kepala Butantan Sao Paulo, Dimas Covas menampik bahwa penangguhan uji coba vaksin Sinovac karena ada kematian. Menurutnya, kematian bisa saja terjadi tapi tidak ada kaitannya dengan vaksin.


"Ini adalah kematian yang tidak ada hubungannya dengan vaksin dan oleh karena itu bukan saatnya untuk menghentikan uji coba," kata Covas kepada penyiar lokal TV Cultura seperti dikutip Reuters, Selasa (10/11/2020).


Vaksin Sinovac telah dikritik oleh Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang menganggapnya kurang kredibilitas. Bolsonaro yang kerap mengungkapkan sentimen anti-China, sebelumnya mengatakan pemerintah federal tidak akan membeli vaksin tersebut.


Namun, pada Senin kemarin, Bolsonaro membantah hal itu dan mengatakan pemerintah akan membeli vaksin apa pun yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan dan regulator Anvisa.


Tidak jarang, uji klinis vaksin ditangguhkan setelah seorang sukarelawan jatuh sakit sehingga penyelenggara uji coba dapat memeriksa apakah itu terkait dengan obat yang diuji.


Vaksin Sinovac adalah salah satu dari tiga vaksin Covid-19 eksperimental yang telah digunakan China untuk menyuntik ratusan ribu orang dalam program penggunaan darurat. 


Tak hanya di Brasil, uji coba tahap akhir Sinovac juga sedang dilakukan di Indonesia dan Turki. Brasil belum memastikan sampai kapan penangguhan uji klinis berakhir.