Brasil Pertahankan Medali Emas Olimpiade Cabor Sepak Bola 

Medali emas Brasil bertambah menjadi 7

Brasil Pertahankan Medali Emas Olimpiade Cabor Sepak Bola 
Pemain Timnas Brasil, Malcom, melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan timnya melawan Spanyol pada pertandingan final cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo di Stadion Yokohama, Jepang, Sabtu (7/8/2021). (Screen shot/Getty Images/Francois Nel)












KABAR.NEWS, Tokyo - Medali emas cabang olahraga atau cabor sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 menjadi milik Timnas Brasil. Tim samba mengalahkan Spanyol di babak final.


Berlaga di Stadion Yokohama, Jepang, Sabtu (7/8/2021) Brasil menekuk Spanyol dengan skor 2-1. Kemenangan ini sekaligus menjadi keberhasilan Dani Alves dan kawan-kawan mempertahankan emas untuk dua episode Olimpiade.


Empat tahun sebelumnya, Brasil juga sukses mempersembahkan medali emas pada Olimpiade Rio Dejenairo atau saat mereka bertindak sebagai tuan rumah tahun 2016.


Adapun pertandingan tadi, Brasil menang melalui gol-gol yang dicetak Matheus Cunha saat masa injury time. Umpan Dani Alves dikonversi menjadi gol oleh penyerang Herta Berlin tersebut.


Spanyol menyamakan kedudukan di menit ke-61. Carlos Soler mengirim bola crossing ke kotak penalti Brasil yang langsung disambar Mikel Oyarzabal menjadi gol. Skor berubah 1-1.


Brasil mencetak gol kedua di menit ke-109. Malcom menerima bola umpan lambung Antony di sisi kiri, sebelum membawa bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol. Hingga peluit panjang, Brasil mampu mempertahankan keunggulan menjadi 2-1 sekaligus menyabet medali emas.


Medali emas dari sepak bola menjadi yang ketujuh bagi Brasil dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Kontingen Brasil hingga Sabtu, 7 Agustus, telah mengoleksi total 19 medali. Terdiri dari 8 perunggu, 4 perak dan 7 emas. Mereka kini bertengger di urutan 12 tabel medali Olimpiade Tokyo.