Skip to main content

BPN Prabowo-Sandi: CRC Surveyor dan Timses Jokowi-Ma'ruf

BPN Prabowo-Sandi: CRC Surveyor dan Timses Jokowi-Ma'ruf
Jubir BPN Prabowo Sandi, Andry Arief Bulu. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

KABAR.NEWS, Makassar - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon Presiden Prabowo
Subianto-Sandiaga Uno
, Andry Arief Bulu (AAB) menyebut lembaga Celebes Research Center (CRC) adalah surveyor sekaligus tim sukses capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).


Baca juga: Survei CRC: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 56,1%, Prabowo-Sandi 31,7%

Hal itu terkait temuan survei elektabilitas pasangan Capres yang dirilis CRC di Jakarta, Minggu (10/2/2019). Dalam survei CRC, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 56,1 persen, sementara Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno hanya sebesar 31,7 persen. 


"CRC surveyor dan timses Jokowi Ma'ruf, dan di bayar di sana, jadi wajar jika surveynya seperti itu," kata AAB saat
dihubungi KABAR.NEWS, Minggu malam.


"Jadi tidak apa apa, karena ini merupakan upaya mereka untuk menambah semangat timnya yang sudah kendor, di pihak kami, kami tetap yakin saat ini sudah mendekati titik cross-nya, kita fokus kepada langsung ke rakyat," tambah Andry.


Diketahui survei Pilpres CRC dilakukan pada rentang waktu 23-31 Januari 2019, dengan metode Multistage Random Sampling dan menggunakan 1.200 reponden di 34 provinsi di Indonesia, serta margin of error 2,83 persen.


Andry menilai bahwa hasil survei elektabilitas pasangan capres yang dilakukan CRC merupakan kerja-kerja ilmiah. Hanya saja, kata Caleg DPRD Provinsi Sulsel ini, kemungkinan survei CRC menggunakan responden tertentu.


"Survei ini adalah kerja-kerja riset, jadi pake ilmu juga, hanya tentu lokasi, narasumber, dan waktunya bisa di sesuaikan dengan kepentingan yang ada dan diexposed," beber Andry. 


Dia berpendapat, apa yang dilakukan CRC dianggap merupakan cara-cara lama untuk membentuk opini publik. "Tapi itu biasa saja di area politik dan kami juga sudah punya strategi untuk counter itu," tegas Andry.


Baca juga: CRC Sebut Survei Jokowi-Ma'ruf Meningkat, Rudy Pieter Goni Bakar Semangat Relawan

Jubir BPN Prabowo-Sandi itu menyebut survei elektabilitas antara Jokowi-Ma'ruf dengan pasangan capres jagoannya hanya terpaut satu digit pada Januari 2019.


"Kami optimis dlm minggu ini sudah terjadi cross. Karena selisihnya di bulan januari itu single digit," tandas Anrdy.


Sementara Direktur CRC, Herman Heizer yang dimintai konfirmasi mengenai pihaknya berada dalam posisi Timses Jokowi-Ma'ruf belum menjawab pesan singkat dari KABAR.NEWS.

 

loading...