Skip to main content

BPJS Kesehatan Berutang Rp26 Miliar ke  RSUD Andi Makkasau

rsud
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare. (Ist)

KABAR.NEWS, Parepare - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki tunggakan pembayaran klaim jasa layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare.


Klaim ganti rugi ini menunggak sejak bulan Juni hingga Agustus 2018 dan tahun 2019 ini. Berdasarkan catatan manajemen RSUD Andi Makassau, besaran utang BPJS Kesehatan sekitar Rp26 miliar


Wadir Keuangan RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, dr Andi Cenrara, mengatakan, semenjak dirinya menjabat pihaknya telah melakukan pencatatan atas sejumlah klaim jasa layanan RSUD kepada pasien yang menggunakan asuransi BPJS.


Baca juga: Teken Perpres, Jokowi Resmi Naikan Iuran BPJS Kesehatan



"Selama saya menjabat belum ada penbayaran claim dari BPJS, yang mana BPJS baru melakukan pembayaran pada Mei yang lalu. BPJS juga sampai saat ini belum membayar tunggakan pada 2018 dan 2019,"ungkap Cenrara.


Cenrara, menegaskan, dengan adanya utang yang sangat besar tersebut, berdampak pada ketersediaan obat dan juga kebutuhan RSUD lainnya. Bahkan beberapa sudah habis  karena anggaran tidak cukup lagi untuk menebusnya.


"Yah kita kesulitan pada pengadaan obat karena tunggakan tersebut membuat keuangan lemah dan bahkan drop. Sementara kita tetap memberikan pelayanan kepada pasien claim BPJS karena ini menyangkut nyawa manusia,"pungkasnya. 


*Arsyad/Cp/B

 

loading...