Skip to main content

BPIP Kaji Pembentukan Pusat Studi Pancasila di Kampus-kampus

BPIP RI Dorong Kampus Bentuk Pusat Studi Pancasila
Seminar dan lokakarya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Hotel Four Points Makassar, Senin (2/12/2019). (KABAR.NEWS/Fitria Nugraha Madani)

KABAR.NEWS, Makassar - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI menggelar seminar dan lokakarya nasional yang digelar di Hotel Four Points, Jalan Andi Djemma, Makassar, Senin (2/12/2019). Salah satu tujuan lokakarya ini adalah mengkaji pembentukan Pusat Studi dan Kajian Pancasila di perguruan tinggi (PT).


Direktur Kelembagaan BPIP RI, Elfida Herawati Siregar, menegaskan bahwa seminar dan loka karya nasional ini dilandaskan pada beberapa hal. Salah satunya tentang koordinasi BPIP ke pusat studi Pancasila yang ada di kampus-kampus.


Baca juga: Pemuda Pancasila Ingatkan Warga Papua Tak Kibarkan Bintang Kejora di Makassar

"Sehingga kita mendorong pembentukan pusat-pusat studi pancasila di setiap lembaga kampus. Hal ini juga sebagai bentuk kerja sama dengan berbagai pihak, sesuai amanat Perpres untuk penguatan ideologi Pancasila," ujar Elida dalam pemaparannya.  


Dia menjelaskan, masih rendahnya pemahaman Pancasila oleh sejumlah masyarakat menjadi pertimbangan betapa pentingnya pembentukan lembaga pusat kajian Pancasila di perguruan tinggai.


Sementara Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemprov Sulsel, Erwin Heryanto, mengatakan sangat mendukung upaya BPIP ini dan mengapresiasi kegiatan nasional ini berlangsung di Makassar.


"Pemprov Sulsel juga tentunya sangat mendukung adanya penguatan pancasila di berbagi perguruan tinggi, terutama di Makassar dan di Sulsel. Karena patut disadari bahwa ini merupakan internalisasi Pancasila ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, sehingga seluruh komponen masyarakat diharapkan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila," tuturnya.


Staf Khusus BPIP RI, Iman Hasiholan Sirait juga turut mengapresiasi Pemprov dan Pemkot Makassar dengan terlaksananya agenda ini.


Baca juga: Mendikbud Pastikan Ujian Nasional Tetap Digelar Tahun Depan

"Kami juga turut mengapresiasi Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar karena sedianya sudah membantu kami. Karena sesungguhnya perwujudan pancasila merupakan agenda bersama, sebab pancasila satu untuk semua," ungkapnya.


BPIP RI mengagendakan kegiatan lokakarya ini berlangsung dari 2 hingga 3 Desember 2019 yang pada hasilnya akan memberikan arahan pada seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk membentuk Pusat Studi dan Kajian Pancasila.


Fitria Nugrah Madani/CP/B

 

loading...