Skip to main content

BPBD Gowa Sebut Gowa Rawan Banjir dan Longsor, Pihaknya Bentuk Tim Reaksi Cepat

BPBD Gowa Sebut Gowa Rawan Banjir dan Longsor, Pihaknya Bentuk Tim Reaksi Cepat
Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansyah (Kabar.News/Afrilian Cahaya Putri)

KABAR.NEWS,Gowa - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi setiap saat. 

Mengingat, saat ini telah memasuki musim penghujan yang tentunya berpotensi terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan angin kencang. 

Hal ini disampaikan langsung Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansyah. Durunya bahkan menyebut Bulan November berdasarkan perkiraan cuaca akan terjadi hujan lebat dan berpotenai besar terjadi banjir dan tanah longsor. 

"Sesuai informasi yang kita peroleh bulan November ini perkiraan cuaca di kabupaten Gowa akan terjadi hujan yang lebat yang kemungkinan berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor. Jadi kita minta masyarakat tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya," tutur Ikhsan Parawansyah. Jumat (9/11/2018).

Lanjutnya, Ikhsan juga menyebutkan sejumlah wilayah yang menjadi rawan longsor di Kabupaten Gowa, yakni didominasi dataran tinggi seperti Kecamatan Paranglie, Biringbulu, Tompobulu, Parigi dan Tinggimoncong. 

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, potensi terjadinya tanah longsor itu berada di daerah dataran tinggi, sedangkan banjir itu ada pada dataran rendah, seperti di depan Citra Garden Kecamatan Sombaopu, Desa Kanjilo di Barombong dan di Desa Panakukkang Kecamatan Pallangga," tambahnya.

Dengan demikian, sebagai upaya penanganan, BPBD Gowa telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang siap siaga selama 24 jam membantu maayarakat.

Selain itu, BPBD Gowa juga telah membentuk posko penangan bencana yang salalu siap 24 jam turun kelapangan, posko tersebut bertempat di Kantor BPBD sendiri. 

"Untuk penangan kami telah siapkan posko pengaduan dan pelayanan bencana, jika terjadi bencana longsor ataupun banjir masyarakat langsung saja melapor pasti kita tindak lanjuti," ujar Ikhsan.

Ikhsan juga mengimbau kepada masyarakat Gowa untuk tetap menjaga kebersihan, sehingga terhindar dari banjir, selain itu 
jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait akan terjadi bencana alam.

 

  • Afrilian Cahaya Putri


 



loading...