Skip to main content

Boyong Aplikasi Simral, Pemkab Lutra Menuju Sistem Pelayanan e-Government

a
Bupati Kabupaten Lutra, Indah Putri Indriani menyaksikan penjelasan Bupati Bayuwangi terkait sistem pengaplikasian Simral untuk diterapkan di lingkup Pemkab Lutra. (IST)

KABAR.NEWS, Bayuwangi - Pemkab Luwu Utara (Lutra) memboyong aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan (Simral) dari Pemkab Banyuwangi untuk diinstal nantinya di Lutra.

 

Mengaplikasikan Simral di Lutra merupakan tekad baik dan komitmen Pemkab Lutra mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel. Serta upaya mendorong pelayanan berbasi e-Goverment.

 

Kendati Nota Kesepahaman (MoU) sudah diteken, Pemkab Banyuwangi kabarnya tidak serta merta memberikan aplikasi Simral bagi kabupaten/kota apabila dianggap belum memenuhi kriteria personal SDM dan sarana prasarana yang mendukung. 

 

"Alhamdulillah komitmen Bupati Luwu Utara dan Bupati Banyuwangi untuk Indonesia saat menandatangani MoU beberapa hari yang lalu diimplementasikan dengan penyerahan aplikasi Simral yang nantinya diinstal lalu dikoneksitaskan dengan Pemkab Banyuwangi untuk pendalaman lebih lanjut,” kata Kabag Humas dan Protokol, Syahruddin via telepone, Jumat (18/1/2019).

 

Syahruddin menjelaskan pengalaman daerah lain yang ingin mendapatkan aplikasi ini biasanya butuh beberapa hari, baru diberikan. 

 

 

"Pemkab Luwu Utara telah menyediakan server untuk digunakan simral terutama e-planning dan e-budgeting menyusul aplikasi smart city lainnya,” papar Syahruddin.

 

Dia berpendapat, mewujudkan sistem e-government memang tidak dalam waktu singkat. Tapi, memerlukan proses yang cukup panjang dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi, berkualifikasi, berkemampuan handal dalam bidang IT serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

 

loading...