BMKG sebut Jeneponto Berpotensi Hujan Deras, 9 Kecamatan Waspada Banjir

*Peringatan dini hari ini

BMKG sebut Jeneponto Berpotensi Hujan Deras, 9 Kecamatan Waspada Banjir
Seorang warga menerjang banjir di kawasan padat penduduk. (Ilustrasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Sulawesi Selatan, mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini, Jumat (27/5/2022).


Peringatan tersebut menyebutkan potensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 12.00 Wita


Potensi cuaca buruk itu ditujukan kepada 4 kabupaten di Sulsel. Di antaranya, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng.


Untuk di Jeneponto, hujan lebat diprediksi mengguyur Kecamatan Tamalatea, Binamu, Turatea, Arungkeke dan Bangkala. Kemudian Kecamatan Bangkala Barat, Bontoramba, Rumbia dan Tarowang


Sedangkan di Kabupaten tentangga yakni Bantaeng, diprediksi terjadi hujan lebat di Bisappu, Uluere dan Sinoa. Di Kabupaten Takalar, Mappakasunggu, Manggarabombang, Sanrobone dan Galesong. 


Selain itu di Kabupaten Gowa terjadi di Bontonompo Selatan, Tompobulu, Biringbulu dan sekitarnya


"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 14:00 Wita," bunyi surat peringatan BMKG yang dikutip KABAR.NEWS.


Kepala Seksi Kedauratan BPBD Jeneponto Mus Muliadi mengatakan, ada 9 kecamatan di Butta Turatea berpotensi banjir dan longsor. 


"Wilayah kecamatan yang berpotensi terjadi banjir ada 9 kecamatan dan yang sangat berpotensi terjadi bencana lonsor yakni kecamatan Rumbia dan Kelara," kata Mus Muliadi.


Dengan itu, ia mengimbau kepada masyatalat untuk tetap siaga dan waspada saat hujan deras mengguyur daerah berjuluk Butta Turatea ini.


"BPBD Jeneponto mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap siaga dan waspada terhadap peringatan dini dari BMKG yang bisa saja mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B