BLK Pangkep Dapat Bantuan Perangkat Komputer dari Kemenaker

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) kembali memberi bantuan hibah untuk UPTD Balai lLatihan Kerja (BLK) Pangkep. Bantuan ini berupa perangkat komputer yang diharapkan bisa memajukan keterampilan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

BLK Pangkep Dapat Bantuan Perangkat Komputer dari Kemenaker
Bantuan perangkat komputer dari Kemenaker untuk BLK Kabupaten Pangkep.(ist)






KABAR.NEWS, Pangkep  - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) kembali memberi bantuan hibah untuk UPTD Balai lLatihan Kerja (BLK) Pangkep. Bantuan ini berupa perangkat komputer yang diharapkan bisa memajukan keterampilan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Bantuan yang isinya berupa Komputer CPU 16 unit, monitor 16 Unit, UPS dan server 9 unit, printer dan UPS 8 unit, laptop 1 nunit, proyektor 6 unit, printer color 1 unit dan screen protector 1 unit itu tiba di BLK Pangkep, pada Rabu malam, 21 Oktober 2020.

Bantuan dari Kemenaker tersebut merupakan bantuan kesekian kalinya untuk BLK Pangkep. Alasannya, BLK Pangkep dianggap menjadi salah satu UPTD yang aktif mengggelar pelatihan dan melahirkan pekerja handal dari Kejuruan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Kepala BLK Pangkep, Syahruddin mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan dari Kemenaker. Bantuan ini untuk kejuruan TIK.“Beberapa waktu lalu, kami mengajukan bantuan perangkat Komputer kepada Kemenaker untuk menunjang pelatihan. Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan yang memang sangat kami butuhkan itu,” katannya, Jumat ( 23/10/2020).

Dia menambahkan, kejuruan TIK ini memang banyak peminatnya. Dalam setahun, ada empat sampai lima paket pelatihan IT yang dilaksanakan. Sedangkan ketersediaan perangkat sangat teebatas.

“Bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi kami. Saat ini komputer yang telah siap difungsikan sebanyak 31 unit. Ini sudah termasuk dengan bantuan dari kementerian yang datang kemarin,” tambahnya.

BLK sendiri merupakan wadah pelatihan keterampilan bagi masyarakat tidak mampu dan pengangguran. Setelah menempuh pendidikan di BLK, masyarakat diharapkan bisa membantu upaya pemerintah menekan pengangguran di Kabupaten Pangkep.

“Peserta akan mendapat sertifikat keterampilan. Sertifikat ini nanti bisa digunakan mereka untuk melamar kerja dan memudahkan mereka dalam seleksi untuk mendapatkan pekerjaan kedepannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Pangkep, Ilham Ghazali menyampaikan, bantuan peralatan pelatihan tersebut harus dijaga dan dapat digunakan dengan sebaik mungkin dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK Pangkep.

“Kami berharap BLK bisa menjaga dan memanfaatkan bantuan dari kementrian ini sebaik-baiknya. Kegiatan pelatihan pun harus semakin ditingkatkan sebab, kebutuhan lapangan kerja pada kejuruan TIK sangat besar saat ini,” ujarnya.

Penulis: Saharuddin/B