BIN Turun Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Jeneponto

*Digelar massal

BIN Turun Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Jeneponto
Anggota Badan Intelejen Negara (BIN) saat memantau vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Lulu, Kecamatan Batang, Jeneponto, Senin (27/12/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Badan Intelejen Negara (BIN) turun tangan membantu proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jeneponto, yang cakupannya masih rendah dibanding daerah lain di Provinsi Sulawesi Selatan.


Bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Jeneponto, Sulawesi Selatan, vaksinasi massal BIN menyasar 10 kecamatan pada Senin (27/12/2021) hari ini. Salah satu lokasi vaksinasi yaitu di Lingkungan Lulu, Kelurahan Togo-Togo, Kecamatan Batang.


Para tenaga kesehatan Puskesmas Togo Togo terlihat kewalahan melayani masyarakat yang ingin divaksin, yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan orang. Pada kebut vaksinasi ini, BIN menyiapkan 5 ribu dosis vaksin.


Anggota BIN Kordinator Wilayah (Korwil) Jeneponto, Yusuf Sikki mengatakan, vaksinasi ini dilakukan untuk mendukung capaian vaksinasi di Butta Turatea. Dengan itu, hadirnya BIN kali ini untuk pemerintah daerah dalam rangka memenuhi target 70 persen herd immunity.


"Hari ini kami bersama Dinas Kesehatan Kabupaten menggelar vaksinasi. Program ini adalah salah satu upaya tindak lanjut, program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target," ujar Yusuf Sikki kepada KABAR.NEWS di Jeneponto.


Melansir laman Vaksin Kemenkes, hingga per 27 Desember 2021, jumlah orang divaksin dosis pertama di Jeneponto sebanyak 148.580 orang atau 47.42 persen dari target Provinsi Sulsel. Dosis kedua berjumlah 60.950 orang atau baru mencapai 19.45 persen dari target Provinsi Sulsel.


Kepala Puskemas Togo Togo Imran Rosadi mengatakan, vaksinasi di wilayahnya menyasar tiga titik. Masing-masing di Lingkungan Lulu, Kelurahan Togo Togo, Lingkungan Bungeng dan Pajalayya Desa Bungeng.


"Hari ini kita gelar vaksinasi di tiga titik dengan target 900 dosis jenis vaksin Pfizer dari BIN," pungkasnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam acara vaksinasi ini, Kadis Kesehatan Jeneponto Susanty Mansur, Camat Batang Basuki Rahmat, Lurah Togo Togo, Budiman, Kepala Puskesmas Togo Togo, Imran Rosadi, Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit, Suryaningrat.


Penulis: Akbar Razak/B