Skip to main content

BI Sulsel Dorong Sertifikasi Halal UMKM

BI
Workshop sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Sulsel yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) Sulsel di kantor BI Sulsel jalan A Yani, Makassar, Sabtu (15/9/2018)


KABAR.NEWS, Makassar - Bank Indonesia (BI) Sulawesi selatan (Sulsel) terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Sulsel. Salah satunya adalah dengan mengajak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulsel untuk mengikuti workshop sertifikasi halal. 


Direktur BI Sulsel Dwipoetra S Besar mengaku workshop sertifikasi halal sangatlah penting untuk mendukung ekonomi syariah di Sulsel.


Baca Juga: 

Apalagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan mendukung penuh dan mengharapkan adanya sinergi dari pelaku usaha. Ada pun dukungan penuh pemprov tersebut antara lain melalui proses perizinan yang harus syariah, yaitu tidak ada lagi biaya di luar biaya resmi, proses perizinan yang singkat hingga setengah jam apabila izin prinsip sudah diperoleh.

 

"Oleh karena itu, kami menyelenggarakan workshop sertifikasi halal ini kepada UMKM, melalui kerja sama dengan Pemprov Sulsel, LPPOM MUI," ujarnya. 

 

Selain itu, kata Poetra, nantinya para pelaku UMKM akan mendapatkan penjelasan dari Lembaga Halal Centre tentang pentingnya aspek halal dalam lini usaha, sementara Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) juga akan menjelaskan mekanisme pembiayaan perbankan syariah. 


" LPOM MUI juga akan menyampaikan dan mendampingi peserta workshop yang sekaligus dalam rangka memperoleh sertifikasi halal," 


" Kami mengharapkan agar workshop bisa memberikan pemahaman bagaimana mendapatkan sertifikasi halal,"pungkasnya.

  • Ulfa