Besok, DPRD Sinjai Paripurnakan Pergantian Lukman Arsal

Jabatan pimpinan sementara dijabat Sabir

Besok, DPRD Sinjai Paripurnakan Pergantian Lukman Arsal
Ilustrasi. Gedung DPRD Kabupaten Sinjai. (KABAR.NEWS/Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - DPRD Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, pada Selasa (7/5/2021) besok, akan menggelar rapat paripurna dengan agenda pemberhentian Lukman H. Arsal dari jabatan ketua DPRD. Posisi legislator Fraksi Gerindra itu akan diisi sementara oleh Muh. Sabir.


"Insya Allah, besok DPRD Kabupaten Sinjai akan melaksanakan rapat paripurna untuk proses pemberhentian Lukman Arsal sebagai ketua," kata Wakil Ketua 1 DPRD Sinjai, Muh. Sabir, kepada KABAR.NEWS, Senin (6/9/2021).


Lukman Arsal dicopot dari jabatan Ketua DPRD Sinjai diduga terkait masalah etik internal partai yang dilaporkan Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa yang juga politisi Gerindra. Masalah etik ini disinyalir ada kaitannya dengan kebijakan Lukman yang membuat sejumlah pihak keberatan.


Setelah diproses di Mahkamah Partai besutan Prabowo Subianto tersebut, DPP Gerindra akhirnya menerbitkan SK pemberhentian Lukman dengan nomor surat 07/0146/kpts/DPP-Gerindra/2021 tentang pergantian Pimpinan dan Ketua Fraksi DPRD Sinjai Periode 2021-2024.


Sabir melanjutkan, proses pergantian ketua DPRD Sinjai memang sudah dibahas, salah satunya melalui rapat badan musyawarah (Bamus) yang digelar hari ini.


Rapat paripurna besok juga untuk membacakan surat keputusan DPP Gerindra mengenai pemberhentian Lukman Arsal dan pengangkatan Jamaluddin sebagai Ketua DPRD Sinjai.


Setelahnya, DPRD Sinjai akan bersurat ke Gubernur Sulsel selambat-lambatnya tujuh hari pasca paripurna, untuk menerbitkan SK ketua definitif DPRD Sinjai.


"Ini baru proses, terkait hak-hak beliau (Lukman Arsal-red) masih diberikan selama belum ada surat dari gubernur," jelas Sabir.


Sebelumnya, Lukman Arsal mengatakan bakal mengajukan banding ke Mahkamah Partai Gerindra sebagai respons terhadap pemberhentian dirinya dari jabatan Ketua DPRD Sinjai.


Penulis: Syarif/A