Skip to main content

Besok, Bamus DPRD Makassar Jadwalkan PAW Arifin Dg Kulle

dprd makassar
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar. (Dok. KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Makassar akan segera menentukan jadwal sidang paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Arifin Dg Kulle, legislator DPRD Makassar. Penjadwalan akan dilakukan pada Jumat (12/10/2018).

Kepastian tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dewan DPRD Makassar, Adwi Awan Umar. Ia mengatakan, ada tiga nama yang akan di PAW dalam waktu dekat ini, diantaranya Arifin Dg Kulle, Saharuddin Said dan Abdul Kadir.

Akan tetapi, pihaknya mengaku hanya Arkul - sapaan akrab - Arifin Dg Kulle yang dijadwalkan untuk di PAW dalam waktu dekat ini. "Yang acc Arkul, karena SK gubernurnya sudah ada. Tinggal dibamuskan. Besok Bamus dan jadwalnya kita tentukan," ungkapnya, Kamis (11/10/18).

Adwi menambahkan, terkait PAW dari Saharuddin Said dan Abdul Kadir saat ini masih dalam tahap proses dan belum sampai ke DPRD. "Kalau Saharuddin Said pergantiannya sementara di proses di KPU, Abdul Kadir masih menunggu SK gubernur," lanjutnya.

Diketahui, ketiga legislator tersebut di PAW karena memilih pindah dan kembali mencalonkan diri di partai lain. Arkul sebelumnya di PKPI pindah ke Demokrat, Saharuddin Said sebelumnya di Golkar memilih pindah di PAN dan Abdul Kadir sebelumnya di Hanura ke PBB.

Proses Pergantian Antar Waktu ini berdasarkan Pasal 7 ayat 1 huruf s PKPU Nomor 20 Tahun 2018, anggota DPR atau DPRD yang dicalonkan oleh parpol yang berbeda, maka ia harus mengundurkan diri dari jabatannya.

  • Defri Ferdiansyah