Skip to main content

Bertemu Manchester City, Ujian Sebenarnya bagi Van Dijk

van Dijk
Bek anyar Liverpool Virgin Van Dijk.


KABAR.NEWS, Liverpool - Rekrutan anyar Liverpool Virgil Van Dijk dianggap belum menunjukkan performa maksimal meski sudah menyumbangkan 1 gol. Laga menghadapi Manchester City akan menjadi tes sebenarnya kemampuan Van Dijk menahan gempuran bomber The Citizens. 


Barisan pertahanan The Reds masih mudah dibobol di musim 2017/2018. Dalam 22 pertandingan yang dijalani, mereka sudah kemasukan sebanyak 25 gol, atau rata-rata lebih dari satu gol di setiap pertandingan.


Dengan catat kebobolan tersebut, sebagai solusi masalah lini belakang, Van Dijk didatangkan dari Southampton. Bek asal Belanda itu ditebus dengan nilai transfer yang mahal, mencapai 75 juta pound sterling.


Van Dijk sudah menunjukkan penampilan yang oke saat menjalani debut bersama Liverpool. Dia mengantarkan The Reds memetik kemenangan atas Everton di babak ketiga Piala FA. Van Dijk mencetak gol, untuk membawa Liverpool menang 2-1.


Efek kedatangan Van Dijk untuk Liverpool jelas ditunggu lagi saat Liverpool melawan City di Anfield, Minggu (14/1/2018) pukul 23.00 malam WIB. Saat pertemuan di paruh pertama, Liverpool diberondong lima gol oleh tim asuhan Josep Guardiola itu.


Van Dijk ternyata mempunyai rekor yang kurang oke saat bertemu dengan City. Ada empat laga yang sudah dijalani, semuanya saat masih memperkuat Soton. Hasilnya sekali menang, sekali imbang, dan dua kali menelan kekalahan. Dari empat pertandingan saat Van Dijk bermain melawan City itu, gawang Soton selalu kebobolan.


Penampilan Van Dijk bersama Soton musim ini juga masih kurang impresif. Saat bermain penuh, dia cuma dua kali membawa The Saint memetik kemenangan, empat laga lainnya selesai imbang, dan lima kali menelan kekalahan.


Catatan statistik Van Dijk musim ini cukup oke. Dalam 993 menit, bek 26 tahun itu melakukan rata-rata tekel 0,8 kali, 2,4 intersep, 0,5 kali melakukan pelanggaran, dan 6,5 kali melakukan sapuan bola.


"Dia mempunyai atribut luar biasa dan itu merupakan suatu hal yang saya cari dan bisa saya lihat setiap hari. Itu merupakan satu hal luar biasa bisa berada di klub seperti ini. Anda dikelilingi pemain seperti ini. Kehadirannya cukup berpengaruh baik di dalam maupun di luar lapangan," kata bek Liverpool Joe Gomez.