Bertamu Pakai Baju Berpangkat Bripka, Pemuda 17 Tahun Ketahuan Polisi Gadungan

ayah rekannya melihat ada yang janggal dari pakaian dinas di badannya

Bertamu Pakai Baju Berpangkat Bripka, Pemuda 17 Tahun Ketahuan Polisi Gadungan
Pelaku yang diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Moncongloe, Kabupaten Maros. (Ist)

KABAR.NEWS, Maros - Seorang pemuda berinisial AA diamankan Kepolisian Sektor (Polsek) Moncongloe. Pemuda yang masih berumur 17 tahun itu diamankan lantaran memakai atribut Polri lengkap yang diduga dicuri dari anggota polisi.

AA diamankan petugas saat berada di rumah rekan wanitanya di BTN Asabri, Kelurahan Moncongloe Lappara, Kabupaten Maros, pada Kamis (19/11/2020) siang.

"Pas datang di rumah temannya yang perempuan. Ternyata, dilihat sama bapaknya, bapaknya temannya ini yang anggota juga, dari Brimob. Akhirnya setelah ditanya, baru langsung diamankan ke sini (Polsek)," jelas Kapolsek Moncongloe, Ipda Rahmat kepada wartawan.

Rahmat mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pelaku AA nekat menggunakan atribut kepolisian karena hendak berjumpa dengan seluruh teman sekolahnya. Tujuannya untuk pamer profesinya sekarang. 

"Ceritanya ini mau ketemu-ketemu semua sama teman SD-nya. Makanya datang kembali ke Asabri, terus lengkap dengan seragam polisi," ungkap Rahmat.

Sebelum menemui rekan wanitanya, AA lebih dulu mampir ke rumah rekan prianya, Ari, di BTN Asabri, sekitar pukul 11.00 WITA.  AA sendiri pernah tinggal di kawasan BTN ini.

Saat ditanyai oleh rekannya, AA mengaku telah menjadi anggota polisi dan berpangkat Bripka, sesuai pangkat di baju yang dikenakannya. 

Nah, AA ketahuan berbohong saat ayah rekannya, melihat ada yang janggal dari pakaian dinas di badannya. Sementara AA sendiri sudah dikenal kalau sejak dulu belum pernah masuk ke kepolisian.  

"Dicurigai sama anggota Brimob ini. Nanti diintrogasi baru mengakui semua kalau dia bukan polisi," ucap Rahmat.

Sementara atribut yang digunakan pelaku merupakan milik anggota polisi asli yang berdinas di Polsek Barombong. 

Rahmat, mengatakan atribut yang digunakan pelaku diambil, tanpa sepengetahuan pemiliknya. 

"Kan ceritanya sudah akrab sama ini anggota barangkali," ujar Rahmat

Di hadapan petugas, pelaku mengaku, mengambil pakaian tersebut, saat anggota polisi tidak berada di kamarnya. 

"Jadi anggota ini baru lepas piket. Pelaku kerjanya semacam office boy, karena akrab makanya biasa masuk ke tempat tinggalnya ini anggota," ungkap Rahmat.

Kini pelaku ditahan oleh Unit Reskrim Polsek Moncongloe. Pelaku masih diperiksa intensif terkait alasan menggunakan atirbut polri selain hanya ingin pamer kepada seluruh rekan-rekannya.

Selain itu, kata Rahmat, pihaknya juga masih sementara berkoordinasi dengan Polsek Barombong, Gowa, untuk mengambil keterangan anggota yang atributnya digunakan oleh pelaku. 

"Kita sementara tunggu juga laporan resminya. Jadi pelakunya masih kita tahan," tandas Rahmat.

Penulis: Reza/B