Bersih-bersih Gunung Sesean, Runtoraja Kumpulkan 45 Kantong Sampah Plastik

Mereka sambil berlari memungut sampah

Bersih-bersih Gunung Sesean, Runtoraja Kumpulkan 45 Kantong Sampah Plastik
Aksi bersih-bersih lingkungan oleh Runtoraja di Gunung Sesean, Toraja Utara, Minggu (14/11/2021). (IST/HO)






KABAR.NEWS, Rantepao - Keindahan Gunung Sesean di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dicemari banyaknya sampah plastik yang dibuang oleh para pendaki.


Banyaknya sampah plastik yang berserakan di gunung setinggi 2.150 mdpl itu, diketahui dari aksi bersih-bersih komunitas pelari Toraja yang menamakan dirinya Runtoraja pada Minggu (14/11/2021).


Aksi lingkungan tersebut dilakukan Runtoraja dalam rangka memperingati hari ulang tahun mereka yang ke-2. Caranya, para runners berlari sambil memungut sampah plastik atau biasa disebut plogging run.


Hasilnya, Runtoraja mengumpulkan sebanyak 45 kantong sampah plastik besar yang dikumpulkan mulai dari titik awal jalur pendakian, sampai dengan pos 6 Gunung Sesean yang berlokasi di Lembang Suloara, Kecamatan Sesean Suloara.

45 kantong sampah plastik yang dipungut oleh Komunitas Runtoraja. (IST/HO)


Berlari sambil memungut sampah merupakan wujud kolaborasi cinta lingkungan oleh 45 member runtoraja. Aksi ini pun menuai apresiasi dari Camat Sesean Suloara, Jotar Popang.

Dia berharap serupa dapat menular ke setiap komunitas pencinta alam yang mengunjungi Gunung Sesean.


"Kita senang dengan keindahan dan kesejukan alam yang segar, kita patut apresiasi dengan apa yang dilakukan komunitas ini yang telah membersihkan sebagian Gunung Sesean dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang ada," ucap Jotar dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Senada dengan hal tersebut, Captain Runtoraja Roni TP berterima kasih kepada panitia yang telah memilih Gunung Sesean sebagai tempat perayaan ulang tahun yang mengambil tema 'More High More Clean'. Usai melakukan aksi bersih-bersih Runtoraja menggelar ramah tamah di Mentirotiku Guest House.


Penulis: Febriani/B