Bentuk Gakkumdu, Bawaslu Jeneponto minta Penyidik Terbaik Polisi

- Temui Kapolres Jeneponto

Bentuk Gakkumdu, Bawaslu Jeneponto minta Penyidik Terbaik Polisi
Jajaran Bawaslu Jeneponto menemui Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono di kantornya, Selasa (19/7/2022). (IST/HO)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan melakukan pertemuan dengan Kapolres AKBP Andi Erma Suryono di ruang kerjanya, Selasa (19/7/2022). 


Pertemuan tersebut dalam rangka untuk membahas persiapan pembentukan sentra penegakan hukum (Sentra Gakkumdu) sebagai tahapan pemilu 2024 mendatang. 


Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful mengatakan hal ini merupakan langkah Bawaslu dalam mempererat koordinasi bersama pihak kepolisian. 


"Harapan kami pihak kepolisian dan Bawaslu Jeneponto dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu sejenak 2024," kata Saiful dalam keterangan tertulis.


Dia meminta Kapolres menurunkan penyidik terbaik dan berpengalaman untuk bergabung dengan Bawaslu selama tahapan Pemilu 2024.


"Salah satunya kami berharap pihak Polres Jeneponto dapat memberikan penyidik-penyidik terbaiknya untuk bergabung di Sentra Gakkumdu Bawaslu," jelasnya.


Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (Bawaslu) Jeneponto, Hamka menambahkan, pertemuan ini juga untuk membangun sinergitas stakeholder demi efektivitas tugas dan fungsi pencegahan dan pengawasan serta penindakan demi terciptanya pemilu yang berintegritas. 


Dalam waktu dekat ini, lanjutnya, Bawaslu akan segera mengagendakan beberapa rapat koordinasi yang melibatkan mitra Bawaslu seperti, kepolisian dan kejaksaan Jeneponto. 


"Kami atas nama kelembagaan mengucapkan terimakasih atas sambutan Kapolres dan jajarannya yang sangat luar biasa menerima kunjungan kami Bawaslu Jeneponto, pertemuaan ini penuh dengan canda dan tawa, tetapi sarat dengan makna," tutur Hamka.


Sementara itu Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono merespons positif kunjungan Bawaslu terkait koordinasi persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu, yang tahapannya sudah dimulai sejak bulan Juni.


"Segera akan kami tindak lanjuti surat dari Bawaslu Jeneponto perihal permintaan nama-nama personel yang akan bertugas di sentra Gakkumdu. Dan tentu kami akan memberikan penyidik-penyidik terbaik kami untuk ditempatkan disentra Gakkumdu Bawaslu Jeneponto, dan teman-teman Bawaslu Jeneponto dapat memberikan masukan dan informasi terkait kinerja gakkumdu dari unsur polri pada pemilu 2019," pungkasnya. 


Penulis: Akbar Razak/B