Bendahara DPRD Jeneponto Gelapkan Uang Mamin Rp525 juta untuk Foya-foya

Lima ratus juta lebih berhasil diselematkan

Bendahara DPRD Jeneponto Gelapkan Uang Mamin Rp525 juta untuk Foya-foya
Bendahara DPRD Jeneponto, Freman (kanan) saat diamankan di Polres Jeneponto. (Foto: KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Bendahara DPRD Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, bernama Freman disebut polisi menghabiskan Rp525 juta dari total Rp1 miliar lebih uang makan-minum anggota dewan yang diduga ia gelapkan.


Kasat Reskrim Polres Jeneponto Iptu Andri Kurniawan mengatakan, Freman menghabiskan Rp525 juta untuk sekadar berfoya-foya. (Baca juga: Alasan Polisi Belum Tetapkan Tersangka Penggelapan Dana Mamin DPRD Jeneponto)


"Pengakuan dari yang bersangkutan (Freman, red) sendiri habiskan untuk foya-foya karena ada alasan tertentu," kata Andri saat ditemui di Mapolres Jeneponto, Selasa kemarin.


Perwira polisi dua balok itu menjelaskan, Freman telah diduga menggelapkan uang Mamin Anggota DPRD Jeneponto senilai Rp1 miliar lebih. Dari jumlah itu, polisi menyelamatkan Rp525 juta saat Freman ditangkap.


"Untuk kerugian negara sendiri yakni Rp 1 miliar lebih. Untuk yang dihabiskan oleh terduga sendiri yakni Rp500 juta lebih. Allhamduliah yang kami selamatkan Rp523 juta rupiah," ujarnya.


Disinggung apakah ada tekanan dari pihak lain sehingga Freman nekat menggelapkan duit tersebut, dia mengaku akan menayakan hal itu ke Freman lagi. "Untuk proses lebih lanjutnya mungkin kami akan tanyakan hal tersebut," ungkapnya.


Andri menjelaskan bahwa Freman mengambil duit yang telah cair di Bank BPD Sulselbar setempat lalu dipindahkan ke rekening pribadi. Setelahnya, bendahara DPRD Jeneponto itu melarikan diri. (Baca juga:BK DPRD Jeneponto Cecar Legislator Gerindra Soal Terlantarkan Istri)


"Satu kali tarik tunai yang dimasukan ke rekenignya," terangnya. "Untuk barang bukti yang kami amankan, melakukan penyitaan rekening yang bersangkutan sebanyak Rp5,23 juta rupiah," pungkas Andri.


Penulis: Akbar Razak/B