Skip to main content

Benarkah Empat Makanan Ini Bisa Tingkatkan Libido ? Ini Penjelasannya

Tiram
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Gairah seksual seseorang bisa berpengaruh sesuai dengan makanan yang dikonsumsi. Sejumlah makanan yang dikenal dengan makanan afrodisiak, Seperti Pisang dan terong diyakini  makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Selain itu, ada makanan lain, seperti cokelat dan stroberi yang sering disebut-sebut punya manfaat serupa.

Namun ahli gizi mengungkapkan, bahwa makanan yang diyakini tersebut mungkin saja tak dapat meningkatkan libido. Ahli gizi ternama di London, Lily Soutter menemukan, bahwa hanya sedikit bukti bahwa empat makanan ini benar-benar dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Melansir dari Daily Mail, berikut ini ulasan sejumlah makanan yang diyakini bisa meningkatkan libido seseorang :

1. Cokelat

Penelitian yang dipublikasikan di South African Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, bahwa cokelat dapat meningkatkan pelepasan bahan kimia yang disebut phenylethylaminedan serotonin yang dapat meningkatkan efek bahagia. 

Namun salah satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine melihat tidak ditemukan perbedaaan signifikan terhadap gairah seksual pada wanita yang mengonsumsi cokelat setiap hari dan yang tidak. Karena hasil yang saling bertentangan, kesimpulan tidak dapat ditarik bahwa cokelat memiliki efek afrodisiak.

2. Alkohol

Secara historis, alkohol dan asmara dipercaya saling berhubungan. Salah satu efek samping jangka pendek yang paling signifikan dengan mengonsumsi alkohol, diyakini dapat meningkatkan perilaku seksual.

Namun pada pria yang mengonsumsi alkohol dalam jangka pendek maupun panjang malah terbukti dapat menurunkan kadar testosteron yang justru berefek buruk pada gairah seksual dan mungkin memiliki efek merusak libido dan kinerja seksual mereka. Itu menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Adolescent Health.

Namun pada wanita, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine's National Institutes of Health menunjukkan, bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan hasrat, gairah dan kesenangan seksual, namun menurunkan gairah fisiologi.

Meskipun demikian, bukti korelasi antara wanita yang mengonsumsi alkohol dan libido masih campur aduk. Menikmati segelas atau dua mungkin masih oke, tapi pesta minuman keras tidak dianjurkan karena justru dapat menyebabkan perilaku seksual yang berisiko.

3. Tiram

Tiram mungkin memiliki efek afrodisiak paling terkenal karena kaya zinc dan mineral yang penting untuk produksi sperma dan testosteron. Sayangnya, tidak banyak penelitian langsung yang menyebutkan ada korelasi antara zinc dengan gairah seksual.

Temuqn dari salah satu studi yang dipublikasikan dalam US Library of Medicine, bahwa suplemen zinc dapat meningkatkan kadar testosteron, hormon utama yang terkait dengan gairah seks, namun efeknya terbatas. Sementara penelitian lain menyebut bahwa menambahkan zinc dalam diet bisa membantu meningkatkan gairah seksual.

4. Stroberi

Dengan kandungan vitamin C yang kaya, Stroberi menurut satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychiatry menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan pelepasan oksitosin, yang keduanya relevan dengan perilaku seksual dan suasana hati.

Namun mesti dicatat bahwa penelitian tersebut  dilakukan 15 tahun lalu, dengan sampel kecil. Maka dari itu, terlalu dini untuk mengatakan stroberi bisa benar-benar digolongkan buah penambah libido.