Skip to main content

BEM UNM Ajak Peserta National Advanced Training XIV Sambangi Suku Kajang

suku kajang
Peserta National Advanced Training XIV saat berada di wilayah Suku Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Sebagai rangkaian kegiatan National Advanced Training (NAT) XIV, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengajak peserta menyambangi beberapa daerah di Sulawesi Selatan, Sabtu (20/1/2018).

 

Peserta National Advanced Training XIV "Selamatkan Pendidikan Indonesia; Berpihak dan Berdaulat" dibagi ke dalam tiga kelompok kunjungan yaitu, Kabupaten Wajo, Takalar dan Bulukumba.

 

Ketua panitia, Syahrul mengatakan, tiga daerah tersebut memang selalu menjadi pilihan saat pelaksanaan NAT. "Mungkin karena memang kita melihat bahwa ada sesuatu yang istimewa di tiga daerah tersebut," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, hal yang menarik dari kunjungan ke Bulukumba karena peserta berkesempatan menyambangi Suku Adat Kajang yang masih mampu menjaga budayanya, hingga budaya di daerah tersebut masih terasa kental.

 

"Ditambah lagi dengan bisa berbincang dengan pemangku adat yaitu Ammatoa, bagaimana dia menceritakan soal gambaran umum masyarakat Kajang dalam kawasan dan menceritakan soal demokrasi masyarakat Kajang, mengenai pemilihan pemangku adat dalam hal Ammatoa, Suku Adat Kajang," jelasnya.

 

National Advanced Training (NAT) XIV telah berlangsung sejak 15 Januari dan akan ditutup pada 22 Januari 2018 mendatang di Ballroom Menara Pinisi UNM.

 

  • Ulfa