Belgia dan Belanda Susul Italia Amankan Tiket 16 Besar Euro

Peringkat ketiga terbaik akan dipilih

Belgia dan Belanda Susul Italia Amankan Tiket 16 Besar Euro
Selebrasi pemain Timnas Belanda, Memphis Depay, usai mencetak gol penalti ke gawang Austria, Jumat (18/6/2021). (Foto: KNVB Media)






KABAR.NEWS, Makassar - Tiga tim telah mengunci tiket ke babak 16 besar Euro 2020 meski pertandingan fase grup masih menyisahkan dua satu hingga dua pertemuan lagi. Ketiganya adalah Timnas Italia, Belgia dan Belanda.


Italia menjadi tim pertama yang memastikan langkahnya ke perdelapan final usai mengalahkan Swiss 3-0 pada Kamis (17/6/2021) dini hari. Azzuri saat ini mengemas 6 poin dari dua pertandingan. Otomatis, torehan tersebut sulit dikejar pesaingnya di Grup A.


Tim kedua adalah Belgia. Romelu Lukaku dan kawan-kawan meraih tiket 16 besar setelah menekuk Denmark 2-1 pada Kamis malam. Dua gol kemenangan The Reds di Stadion Parken, Kopenhagen, diciptakan Thorgan Hazard (54') dan Kevin de Bruyne (70). 


Tim Dinamit sempat mencuri gol lewat Yussuf Poulsen saat pertandingan baru berjalan 2 menit. Tiga poin dari pertandingan ini memantapkan posisi Timnas Belgia di puncak klasemen Grup B dengan jumlah 6 poin, hasil dari dua kemenangan.


Satu tiket dari grup B untuk lolos otomatis ke fase grup bakal diperebutkan Rusia dan Finlandia yang sama-sama mengoleksi 3 poin.


Setelah Italia dan Belgia, Belanda menjadi tim ketiga yang mengamankan satu tiket ke babak 16 besar. Tim Orange sukses menundukkan Austria 2-0 pada pertandingan kedua Grup C yang berlangsung di Johan Cruyff Arena, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB.


Belanda membungkam David Alaba Cs melalui gol yang disarangkan Memphis Depay (11', pen) dan Denzel Dumfries (67). Tambahan tiga poin otomatis membawa Negeri Kincir Angin lolos ke 16 besar Euro 2021.


Perlu diketahui, pada edisi Euro 2020 ini, tim yang finis di peringkat ketiga fase grup masih berpeluang lolos ke babak perdelapan final dengan status tim peringkat tiga terbaik. 


UEFA selaku penyelenggara akan menentukan 4 tim peringkat ketiga terbaik dari masing-masing grup untuk melengkapi 12 tim yang lolos otomatis ke babak 16 besar.


Pemilihan peringkat ketiga terbaik akan ditentukan dengan mekanisme perhitungan poin tertinggi, selisih gol yang lebih unggul dan tim yang paling banyak mencetak gol. Aturan keempat adalah tim dengan jumlah kartu paling sedikit dan terakhir peringkat negara/tim dalam rangking UEFA saat turnamen berlangsung.