Begini Modus Perampok Satroni Rumah Mewah di Makassar

Mereka beraksi pada siang hari

Begini Modus Perampok Satroni Rumah Mewah di Makassar
Polrestabes Kota Makassar saat ekspose dua pelaku pencurian rumah mewah. (KABAR.NEWS/Reza Rivaldy)






KABAR.NEWS, Makassar - Polisi menangkap perampok yang menyasar sebuah rumah mewah di Jalan Johar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Modus kawanan perampok ini mengaku sebagai teman pemilik rumah.


"Berpura-pura sebagai teman korban dengan mengelabuhi pembantu rumah tangga, setelah pintu dibuka pelaku mengancam dengan sebilah badik, pembantu korban disekap dalam kamar dan pelaku mengambil barang berharga termasuk berangkas," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul kepada wartawan di kantornya, Sabtu (13/2/2021) petang.


Saat melancarkan aksinya, pelaku berjumlah 5 orang. Sebelum masuk dan menggondol sejumlah barang-barang berharga, mereka terlebih dulu mengintai rumah tersebut saat keadaan sepi. 


Agus bilang kejadian perampokan rumah mewah milik pengusaha itu terjadi pada 7 Februari 2021 lalu, sekitar pukul 11.00 Wita.


"Jadi korban ini pengusaha, saat kejadian yang bersangkutan sedang beraktifitas di luar rumah. Olahraga di Karebosi, jadi di rumah hanya pembantu seorang saja," jelas Agus.


Perwira polisi berpangkat satu bunga melati itu juga menjelaskan, kedua pelaku yakni Juli Ardiansyah (25) dan Rahmat (23) terpaksa dilumpuhkan lantaran melawan saat dilakukan pengembangan.

Juli dan Rahmat ditangkap di kediamannya masing-masing, di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, pada Jumat (12/2/2021) kemarin. 


Menurut Agus, para pelaku ini melakukan aksinya secara berkelompok, bahkan juga tidak segan-segan melukai korbannya jika melakukan perlawanan. Dari aksinya di Jalan Johor, perampok menggondol brangkas berisi uang, surat-surat berharga. Kerugian korban mencapai Rp500 juta.


Kini kedua pelaku perampokan ini dijerat pasal 365 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman kurungan hingga 7 tahun penjara.

Penulis: Reza Rivaldy/B