Begini Kondisi Pengamanan Kedatangan Jokowi di Jeneponto

Akan resmikan Bendungan Karalloe

Begini Kondisi Pengamanan Kedatangan Jokowi di Jeneponto
Paspampres melakukan sterilisasi di Bendungan Karalloe, Jeneponto, Selasa (23/11/2021). (IST/HO)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mulai melakukan sterilisasi di Bendungan Karalloe menjelang kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).


Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Karalloe yang terletak di perbatasan Kabupaten Jeneponto - Kabupaten Gowa pada Selasa (23/11/2021) hari ini.


Berdasarkan informasi yang dihimpun KABAR.NEWS dari dalam Bendungan Karalloe, Paspampres melakukan sterilisasi menggunakan alat pendeteksi metal dan logam. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi benda mencurigakan seperti sajam, bom dan benda lainnya. 


Bukan hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan di podium, ruang VVIP, ruang medis, ruang ICU mini, Musalah, mes bendungan hingga ke semua lokasi. Sterilisasi sudah dilakukan mulai dari 3 pintu gerbang pertama, dengan membatasi mobil yang masuk. 


Hanya mobil dengan tanda rombongan VVIP yang diizinkan masuk ke dalam area bendungan. Jokowi dijadwalkan tiba di Jokowi pada pukul 11.30 Wita menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Stadion Mini Turatea.

Terjunkan 153 Personel


Danrem 141 Bone Brigjen TNI Djashar Jamil menjelaskan pihaknya bersama Polri telah menyiapkan skenario kunjugan perdana Jokowi di Butta Turatea.


"Pengamanan kunjungan Presiden adalah tugas dan tanggungjawab kita bersama kita harus laksanakan secara optimal. Seluruh prajurit TNI-Polri dan satuan pendukung pengamanan VVIP lainnya harus benar-benar melaksanakan tugas masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Brigjen TNI Djashar Jamil dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).


Dia meminta kerja sama serta komunikasi yang terintegrasi dengan semua pihak terkait agar setiap kendala dan hambatan dapat diselesaikan.


"Segera petakan daerah-daerah yang perlu mendapatkan pengamanan maksimal dan segera gelar komunikasi agar rantai komando dapat dilaksanakan dengan baik sehingga pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan sukses tertib aman dan terkendali," jelasnya.


Sementara itu, Kapolres Jeneponto, AKBP Yudha Kesit Dwijayanto mengatakan setidaknya 153 personel diturunkan untuk mengamankan kedatangan Jokowi.


Penulis: Akbar Razak/B