Skip to main content

Begini Cara Kerja Oknum Pengaturan Skor Sepakbola Liga Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi Match Fixing. (INT)

KABAR.NEWS, Jakarta - Eks runner pengaturan skor sepak bola di Liga Indonesia, Bambang Suryo kembali blak-blakan soal cara kerja mafia yang ingin mengatur skor pertandingan.



Bambang Suryo dalam acara talk show Mata Najwa yang ditayangkan Trans 7, Rabu (19/12/2018) menjelaskan bagaimana cara kerja runner melobby sebuah tim untuk mengatur pertandingan.


Pria berkepala plontos yang diketahui juga merupakan Manajer Mojokerto FC, menyebutkan oknum yang kerap ingin melakukan pengaturan skor memiliki struktur kerja yang sistematis.


Bambang Suryo di acara talk show Mata Najwa. (Screen shoot)
Bambang Suryo di acara talk show Mata Najwa. (Screen shoot)


Menurut dia, selain runner match fixing yang bertugas untuk melobby pemain dan atau pelatih agar bisa "bekerja sama" melakukan pengaturan skor, oknum-oknum ini memiliki sub-runner.


"Ada sub-runner. Sub runner ini yang memberi tanda kalau di lapangan. Tandanya misalnya dia pake topi, atau berdiri untuk kasi tanda," kata Bambang Suryo, menjawab pertanyaan Najwa Shihab.




Selain itu, kata Bambang, sub runner juga bertugas masuk ke dalam ruang ganti pemain saat jeda pertandingan sebuah tim sepakbola. 
 

"Sub runner bekerja masuk ke ruang ganti pemain," ungkap Bambang. 

 

loading...