Skip to main content

Bebaskan Kulit dari Jerawat ? Hindari Makanan Ini

Jerawat
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Jerawat menjadi hal yang menyebalkan, khususnya saat muncul di wajah.

Ada sejumlah penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Tak hanya karena hormon, ternyata bintik merah menyebalkan tersebut juga bisa disebabkan oleh makanan.

Melansir NDTV, berikut ini sejumlah makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat :

1. Susu

Pada dasarnya minum susu setiap hari bisa menyehatkan tubuh. Namun, ini mungkin tidak benar secara keseluruhan. Kelebihan susu bisa menyebabkan tubuh menghasilkan banyak insulin dan karenanya dianggap insulinogenic. 

Susu juga bisa meningkatkan hormon yang berkaitan dengan jerawat. Jadi, jika Anda ingin tetap bersih dari jerawat, maka jangan mengonsumsi susu berlebihan, ya!

2. Roti

Gluten yang hadir dalam roti tidak hanya merusak usus halus, tetapi juga meningkatkan peradangan di tubuh, sementara jerawat senidiri adalah kondisi peradangan karena sebum atau kelenjar minyak di kulit wajah yang terjebak di dalam pori-pori.

Nah, jika ingin wajah bebas jerawat, konsumsi harian berupa roti sebaiknya dibatasi.

3. Bayam

Bayam biasanya dianjurkan untuk menjadikan kulit sehat dan jernih. Namun, mengonsumsi bayam secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat di wajah.

Hal ini terutama karena bayam mengandung iodium dalam jumlah besar, di mana untuk sebagian orang, iodium yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat.

4. Gorengan

Makanan cepat saji yang digoreng dapat memperparah jerawat untuk sebagain besar. Lemak yang ada dalam makanan tersebut bisa membuat kulit terlihat tidak sehat dan bisa menyebabkan akumulasi minyak menjadi berlebih.

5. Alkohol

Kandungan alkohol yang berlebihan dapat membuat seseorang berisiko kekurangan zinc dan seng, di mana hal itu dianggap sebagai zat pejuang melawan jerawat. 

6. Makanan pedas

Selain bisa membahayakan sistem pencernaan, makanan pedas mengandung lemak sehingga untuk sebagian orang dapat memicu munculnya jerawat di kulit wajah. 

Nah, maka dari itu, ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan di atas untuk mencegah masalah jerawat.