Skip to main content

Bebas dari Hukuman Mati, Dubes Indonesia untuk Malaysia Segera Pulangkan Siti Aisyah

Siti Aisyah
Siti Aisyah saat berada di Kuala Lumpur Internasional Airport sesaat akan dipulangkan ke Indonesia.


KABAR.NEWS, Kuala Lumpur - Keputusan Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia yang membebaskan Warga Negara Indonesia (WNI) Siti Aisyah dari kasus pembunuhan Kim Jong-Nam disambut baik oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana. 


Rusdi mengaku Siti Aisyah akan segera dipulangkan ke Indonesia mulai, Senin (11/3/2019) hari ini. 


Baca Juga:


"Kita senang dengan putusan pengadilan," ungkapnya dilansir AFP, Senin (11/3/2019). 


"Kami akan berupaya menerbangkan Siti kembali ke Indonesia, hari ini, sesegera mungkin," imbuhnya. 


Bebasnya Siti Aisyah dari hukuman mati setelah hakim Azmin Ariffin dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, Senin (11/3) waktu setempat membebaskan dirinya. 


Dalam putusannya, hakim Azmin mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya dijeratkan terhadap Aisyah. Pengabulan permohonan ini berarti dakwaan terhadap Aisyah dicabut, bukan digugurkan.


"Siti Aisyah bebas," tegas hakim Azmin. "Dia bisa pergi sekarang," imbuhnya.


Jaksa Iskandar Ahmad yang mengajukan pencabutan dakwaan pembunuhan terhadap Aisyah, enggan menjelaskan alasannya. Dia hanya menyatakan bahwa Aisyah kini bebas untuk meninggalkan Malaysia. 


Laporan Reuters menyebut bahwa jaksa diinstruksikan untuk mencabut dakwaan tersebut. Oleh siapa? Itu belum diketahui secara jelas.


Putusan pembebasan Aisyah ini menjadi langkah mengejutkan mengingat pada Senin (11/3) ini, persidangan kasus ini memasuki agenda pembelaan untuk Doan Thi Huong, terdakwa asal Vietnam. 
 

 

loading...