BBM Naik, Ongkos Mobil Sinjai - Makassar Dipatok Rp130 ribu

* Antar barang Rp80 ribu

BBM Naik, Ongkos Mobil Sinjai - Makassar Dipatok Rp130 ribu
Suasana di Terminal Angkutan Umum Sinjai. (Google street view)






KABAR.NEWS, Sinjai - Ongkos mobil angkutan umum rute Kabupaten Sinjai ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai merangkak naik imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).


Ketua Asosiasi Driver Sinjai (ADS), Ashar mengatakan, tarif baru rute Sinjai-Makassar dan sebaliknya yang berjarak kurang-lebih 160 Km naik 30 persen atau Rp130 ribu.


"Hasil rapat bersama teman-teman driver, untuk tarif Sinjai-Makassar menjadi Rp130 ribu yang sebelumnya hanya Rp100 ribu per orang," ujar Ashar kepada kepada wartawan di Sinjai, Senin (5/9/2022).


Selain itu kata Ashar, untuk tujuan atau jemputan dan pelabuhan Makassar tarif pun dinaikkan sebesar Rp180 ribu. Tak hanya untuk penumpang, ongkos pengiriman barang juga naik jadi Rp80 ribu.


"Tarif angkutan berlaku pada Minggu, 4 September 2022 kemarin dan rata-rata tarifnya kita naikkan sekitar Rp30 ribu," sebutnya.


Sebelumnya, pemerintah menaikan harga BBM jenis Pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter. Begitu juga dengan Solar yang naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter, serta Pertamax dari Rp12.50 menjadi Rp14.500 per liter.


Sementara itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Sinjai belum menyesuaikan tarif angkutan umum pasca pemerintah menaikan harga BBM jenis Pertalite, Solar dan Pertamax. Alasannya, pihak Organda Kabupaten Sinjai belum menggelar rapat bersama dengan Dinas Perhubungan.


"Belum ada hasil kesepakatan terkait tarif terbaru angkutan umum di Sinjai. Masih menunggu rapat bersama Dinas Perhubungan," kata Ketua Organda Sinjai, Sa'ad Akmal.


Meskipun demikian, kata Sa'ad, pihaknya tak bisa menghalangi para angkutan umum untuk menyesuaikan tarif pasca kenaikan harga BBM tersebut. Apalagi, proses kenaikannya tergolong mendadak.


"Kami tetap mentolerir pihak angkutan umum untuk rute dalam kota dan pedesaan serta jalur Sinjai-Makassar yang menerapkan tarif terbaru selama kenaikannya itu masih rasional," ungkapnya.


Menurut Sa’ad, dalam waktu dekat ini Organda Kabupaten Sinjai akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai guna menggelar rapat untuk penyesuaian tarif terbaru angkutan umum.


"Secepatnya rapat akan kita gelar. Mungkin pekan ini," tutup Sa'ad.


Penulis: Syarif/A