BBKP Makassar Sebut Komoditas Pertanian Sulsel Potensi Besar Ekspor

Sulsel memiliki potensi besar ekspor komoditi pertanian.

BBKP Makassar Sebut Komoditas Pertanian Sulsel Potensi Besar Ekspor
Kepala BBKP Makassar, Luthfie Natsir. (Foto: KABAR.NEWS)












KABAR.NEWS, Makassar - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar menyebut potensi besar Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menjadi komoditi ekspor. Bahkan, hampir setiap kabupaten/kota di Sulsel memiliki potensi pertanian yang bisa diekspor. 


Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir mengatakan sejumlah potensi komoditi pertanian dan hewan di Sulsel. Ia mencontohkan komoditi porang di Jeneponto sudah bisa menyentuh pasar ekspor. 


"Ada kakao, terus porang, manggis, mete, dan juga sarang burung walet memiliki potensi besar untuk di ekspor," ujarnya saat Sosialisasi Karantina Pertanian, di Fireflies Coffee, Jalan Letjen Hertasning, Kamis (21/10/2021).


Meski demikian, sampai triwulan III 2021, Kakao masih mendominasi ekspor Sulsel. “Itu potensinya besar beserta turunan-turunannya. Jadi sudah dalam bentuk chip dan powder. Nilai ekspornya sangat progesif,” sebutnya.


BBKP Makassar, lanjut dia, selain mengawal upaya peningkatan ekspor, juga fokus pada tugas utama yakni memastikan seluruh komoditas aman dari hama penyakit atau organisme pengganggu. Untuk itu, seluruh pintu pemasukan dan pintu pengeluaran di wilayah kerjanya terus dijaga.


"Petugas kita di lapangan terus siaga melaksanakan tugas. Kami merupakan garda terdepan untuk melindungi masyarakat, khususnya terkait kesehatan makanan dan hewan kita," ucapnya.