Bawaslu Torut akan bekerja 24 Jam Awasi Kampanye Pemilu

* Siaga pengawasan kampanye Pemilu 2024

Bawaslu Torut akan bekerja 24 Jam Awasi Kampanye Pemilu
Apel siaga pengawasan Kampanye Pemilu 2024 di Alun-alun Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (2/12/2024).(KABAR.NEWS/Febry)

KABAR.NEWS, Rantepao - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, menggelar apel siaga Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dirangkaikan dengan Deklarasi Pemilu Damai di Alun-alun Rantepao, Torut, Sabtu (2/12/2024).


Apel siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 ini diikuti Bawaslu Provinsi Sulsel, Ketua dan Anggota KPU Torut serta jajaran, Forkopimda Torut dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pemilu se-Kabupaten Torut.


Ketua Bawaslu Torut Brikken Linde Bonting selaku inspektur upacara mengatakan, apel ini sebagai bentuk kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam tahapan kampanye. 


Untuk itu, Brikken meminta jajaranya bersiap dan siaga melakukan pengawasan masa kampanye yang telah dimulai sejak satu pekan terakhir.


"Kepada seluruh jajaran kita harapkan untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye, karena kerja-kerja kita merupakan pekerjaan yang tidak mengenal hari kalender lagi, kita kerja 24 jam," tegas Brikken.

Ads


Brikken juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun TNI - Polri agar bersikap netral. "Agar ASN dan TNI - Polri netral, kita berkoordinasi dengan stakeholder," tambahnya.


Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh pada kesempatan tersebut mengatakan, pengawas pemilu harus siap untuk menjaga dan mengawasi tahapan kampanye agar berlangsung secara damai dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kita diamanatkan oleh undang-undang untuk melakukan pengawasan semaksimal mungkin, kalau pencegahan sudah maksimal dan Anda mendapatkan suatu dugaan pelanggaran pemilu, proses segera jangan sungkan - sungkan," kata Samsuar Saleh.


"Saya pastikan kita secara berjenjang akan mengawal saudara, ketika akan memproses suatu dugaan pemilu," imbuh Samsuar Saleh yang juga mantan Ketua Bawaslu Gowa.


Setelah apel tersebut, dilakukan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 bersama Forkopimda dan partai politik se-Kabupaten Torut.


Penulis: Febry/B