Bawaslu Makassar Dalami Dugaan Pelanggaran Kampanye Partai Gerindra

Kampanye Gerindra Makassar disertai bagi-bagi bingkisan

Bawaslu Makassar Dalami Dugaan Pelanggaran Kampanye Partai Gerindra
Kantor Bawaslu Kota Makassar. (Google Street view)

KABAR.NEWS, Makassar - Badan Pengawas Pemiihan Umum (Bawaslu) mengaku tidak menurunkan petugas saat DPC Partai Gerindra Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar kampanye yang diduga melanggaran aturan.


Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah mengatakan, dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan kader Gerindra baru diketahui dari pemberitaan media.


"Kita sudah serahkan dugaan pelanggaran ini kepada panwascam untuk didalami. Karena kita baru tahu kalau ada dugaan pelanggaran kampanye itu dari pemberitaan media," ujar Dede Arwinsyah saat dihubungi KABAR.NEWS, Jumat (1/12/2023).


DPC Partai Gerindra yang dipimpin Eric Horas, diduga melanggar PKPU nomor 15 dan 20 tahun 2023, sebab membagi-bagikan "materi lainnya" dalam bentuk bingkisan yang berisi roti dan susu formula kepada peserta kampanye.


Dugaan pelanggaran tersebut terjadi pada hari pertama kampanye Pemilu 2024 di Kelurahan Tamamaung, Panakkukang, Makassar, Selasa (28/11/2023). Dede Arwinsyah menyebut pihaknya tidak mengawasi kampanye itu.


"Kita baru pelajari dugaan pelanggarannya seperti apa, karena tidak ada petugas yang saat itu turun melihat," kata Dede Arwinsyah.

Ads


Diketahui, dalam Pasal 3 Perbawaslu nomor 11 tahun 2023 menyebutkan, petugas Bawaslu wajib mengawasi; Pendaftaran Pelaksana Kampanye Pemilu dan tim Kampanye Pemilu; Materi Kampanye Pemilu; dan Pelaksanaan metode Kampanye Pemilu.


Selain membagikan bingkisan berisi makanan dan minuman, kampanye DPC Gerindra Makassar juga disertai atribut citra diri pasangan capres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming.


Eric Horas mengatakan, pembagian bingkisan berisi susu dan makanan itu disebut sebagai kampanye program Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming.


"Hari ini kami di Gerindra Makassar mensosialisasikan program dari Prabowo Gibran yaitu makan siang gratis dan membagikan susu bagi ibu-ibu hamil," ujar Erick Horas dalam keterangan tertulis yang diterima media, Selasa kemarin.