Bawaslu Jeneponto mulai Siapkan Penanganan Sengketa Pemilu 2024

- Sebagai bentuk pembinaan

Bawaslu Jeneponto mulai Siapkan Penanganan Sengketa Pemilu 2024






KABAR.NEWS, Jeneponto - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mulai mempersiapkan penangananan sengketa Pemilu 2024.


Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful mengatakan penyelesaikan sengketa Pemilu merupakan salah satu tugas dan wewenang Bawaslu sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017. 


"Tentang Pemilu adalah menyelesaikan sengketa proses pemilu. Baik sengketa antar peserta maupun sengketa antar peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu," kata Saiful kepada wartawan di Jeneponto, Senin (25/7/2022).


Menurut Saiful, partai politik yang merasa dirugikan hak hukumnya oleh peserta pemilu lainnya atau pihak penyelenggara pemilu dapat mengajukan sengketa proses pemilu ke Bawaslu. 


"Bawaslu Jeneponto harus memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam menjalankan kewenangan tersebut. Misalnya saja, bagaimana peran dan dukungan sekretariat dalam penyelesaian sengketa proses pemilu pada pemilu serentak tahun 2024," jelas Saiful.


Terlebih lagi pada penyelenggaraan Pemilu 2019, Bawaslu Jeneponto saat itu menerima permohonan sengketa proses pemilu dari tiga Partai Politik.


"Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sehingga Bawaslu Jeneponto memiliki pengalaman dalam penanganan dan menyelesaikan permohonan sengketa proses pemilu yang dimohonkan oleh partai politik," terangnya.


Sehingga pertemuan hari ini akan dipertajam dan dipraktekkan melalui simulasi. Antara lain, simulasi mediasi sengketa antar peserta pemilu dan besok akan dilanjutkan dengan simulasi mediasi sengketa antar peserta dengan penyelenggara pemilu.


"Harapan saya tentu dengan banyak berlatih akan membuat kita semua semakin siap dan terampil dalam menyelesaikan permohonan sengketa proses pemilu yang diajukan kepada Bawaslu," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C