Batasi Jam Malam, Rudy: Corona di Makassar Sudah "Taputar-putar"

- Sarankan Pedagang Terang Bulan jualan malam

Batasi Jam Malam, Rudy: Corona di Makassar Sudah "Taputar-putar"
Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Makassar - Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan, model penyebaran Covid-19 tak lagi disebabkan padatnya aktivitas keluar-masuk warga dari dan ke luar kota Makassar. 


"Jadi, kondisi covid di Makassar bukan lagi karena mobilitas warga masuk ke dalam. Ini barang sudah di Makassar ini 'Taputar-putar'. Apa indikator faktanya? rata-rata orang terkena orang terdekat kita semua. Coba di kantor capil itu, terdekat kita yg tinggal di Makassar. Jadi memang ini semakin masif," kata Rudy di rumah jabatannya, Selasa (29/12/2020). 


Hal itulah yang mendorong pemerintah Kota Makassar memberlakukan pembatasan jam operasional rumah makan dan sejenisnya untuk mencegah kerumunan banyak orang.


Bagi Rudy, kebijakan tersebut diakui memang merugikan pelaku ekonomi yang beraktivitas pada malam hari. Dia memberi alasan mengapa pembatasan jam operasional mulai pukul 19.00 WITA.


"Berbicara tentang keselamatan pasti ada yang dirugikan. Nah, kenapa dibatasi sampai jam 7 malam, karena aktivitas kita berkumpul tanda kutip bersenang-senang saat abaikan protkes itu rata-rata malam hari," klaim dia.


Olehnya itu, pihaknya tak ingin adanya aktivitas warga yang akan mengakibatkan terjadinya titik kumpul massa saat malam hari. Hal ini kata Rudy akan sulit diawasi jika tidak diatur demikian.


"Coba lihat kafe, adakah ramai sore. Itu juga penjual pisang epek. Semua ramai di malam hari. Inilah yang kita takutkan jika terjadi pengumpulan di luar kendali, makanya keutamaan warga makanya kita batasi dulu," tuturnya.


Pembatasan ini pun kata dia meski mengorbankan pedagang kecil, namun memang harus dilakukan pemerintah. "Kita tidak berbicara UMKM, pedagang kaki lima, kita berbicara aktivitas malam ditiadakan dulu," imbuhnya.


Bahkan, Rudy menyarankan jika pedagang yang biasanya berjualan pada malam hari untuk melakukan hal tersebut di siang hari, seperti pedagang terang bulan.


"Kebetulan saja terang bulan jualan malam pi, jadi kalau dia mau menjual di siang hari saja. Jadi terang matahari," katanya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B