Batalyon C Pelopor Satbrimob Bone Mantapkan Latihan Pengamanan Pilkada

Latihan Penanggulangan Huru Hara ( PHH), Latihan Anti Anarki dan Latihan pengamanan VIP (Very Important Person).

Batalyon C Pelopor Satbrimob Bone Mantapkan Latihan Pengamanan Pilkada
Latihan Pemantapan Pengamanan Pilkada oleh Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.(Ist)

KABAR.NEWS, Bone - Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang berada di Kabupaten Bone, memantapkan persiapan pengamanan Pilkada yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang di beberapa kabupaten/ kota di Sulsel.

Pemantapan itu tersebut ditandai dengan semakin ditingkatkannya latihan kemampuan bagi para personil Brimob, baik itu kemampuan perorangan maupun kemampuan satuan.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan mengatakan, selama 3 bulan terakhir, pihaknya lebih fokus melaksanakan kegiatan latihan yang berkaitan dengan pengamanan Pilkada, seperti latihan Penanggulangan Huru Hara ( PHH), latihan Anti Anarki dan latihan pengamanan VIP (Very Important Person).

"Terhitung ada tiga Kabupaten yang menjadi wilayah Back Up Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dalam pengamanan Pilkada Serentak yang akan digelar  tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Tiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Soppeng, Bulukumba dan Selayar," katanya melalui keterangan tertulisnya, Senin (23/11/2020).

Menurutnya, salah satu unsur terpenting yang mendukung kelancaran dan kesuksesan  pelaksanaan Pilkada serentak adalah kesiapan dari para aparat keamanan dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang kapan saja bisa terjadi.

"Sebagai pasukan pemukul terakhir Polri, tentunya kami harus selalu siap menjaga kondusifitas Kamtibmas kapan pun dan dalam kondisi apapun demi kelancaran jalannya Pilkada Serentak mendatang. Wujud kesiapan ini kami tunjukkan dengan mengintensifkan latihan kemampuan agar personel semakin profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat," jelas Nur Ichsan.

Danyon C Pelopor juga menambahkan jika latihan peningkatan kemampuan ini juga dilakukan untuk menghindari kesalahan prosedur penanganan gangguan Kamtibmas yang berujung dengan terjadi pelanggaran HAM.

"Jadi disamping meningkatkan kemampuan baik itu kemampuan perorangan maupun satuan dalam mengamankan jalannya Pilkada Serentak yang akan datang, sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, latihan ini dilaksanakan agar personel lebih profesional dalam bertindak mengatasi gangguan Kamtibmas yang akan dihadapi sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur dalam penanganannya yang pada akhirnya dapat meminimalisir adanya korban dan pelanggaran HAM," tambah Danyon yang akrab dengan sapaan “Danyon Tindizz” ini.

Terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis, menjelaskan bahwa Satbrimob Polda Sulsel telah mematangkan persiapannya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020.

"Jadi untuk Satbrimob Polda Sulsel, kami telah mematangkan persiapan untuk menghadapi Pilkada Serentak tahun 2020, sambil menunggu pergeseran pasukan ke Kabupaten dan Kota yang akan melangsungkan pemilihan kepala daerah, Batalyon dan Detasemen Jajaran Satbrimob Polda Sulsel juga rutin mengasah kembali kemampuan-kemampuan personel melalui kegiatan latihan rutin untuk memaksimalkan kelancaran dan kesuksesan jalannya Pilkada Serentak sebagai wujud implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia," pungkas Kombes Pol Muhammad Anis.

Penulis: Syarif/B