Basnaz Se-Sulsel Berkumpul di Maros, Sinergikam Relawan Bencana Tangguh dan Tanggap

langkah awal untuk meningkatkan sinergitas antara Bazmas se-Sulsel

Basnaz Se-Sulsel Berkumpul di Maros, Sinergikam Relawan Bencana Tangguh dan Tanggap
Kegiatan Aduiensi Baznas se Sulsel di baruga B kantor Bupati Maros (KABAR.NEWS/Fahrul)

KABAR.NEWS, MAROS - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros menggelar pertemuan dan audiensi di Baruga B kantor Bupati Maros, Jumat (20/11/2020). Petemuan Baznas se-Sulsel ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Baznas Tangga Bencana Republik Indonesia (BTB RI) Dian Adiya Mandana Putri, M.Sc.


Ketua Baznas Maros Said Patombongi mengungkapkan, pertemuan Baznas se-Sulsel ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan sinergitas antara Bazmas se-Sulsel utamanya di bidang ketanggapaan bencana alam. Mengingat Sulsel saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.


"Apalgi kita sudah memasuki musim penghujan, jadi melalui pertemuan ini kita mesinergikan antara Baznas dari berbagai kabupaten yang ada di Sulsel utamanya di pembentukan TIM Baznas Tanggap Bencana. Kita harapkan BTB ini memiliki kemampuan spesialis yang berguna nantinya untuk membantu masyarakat saat terjadi bencana," ucap Ketua Baznas Maros.


Said melanjutkan, meski pembentukan BTB Maros ini baru setahun namun sudah banyak kegiatan kemanusian yang mereka lalukan. Seperti membantu masyarakat maros yang tertimpa bencana bahkan sampai menurunkan timnya di berbagai kabupaten lain yang daerahnya terjadi bencana alam.


"Tapi kita akui kita juga masih sangat terbatas di bidang peralatan. Seringkali ketika tim turun kelapangan tidak bisa berbuat banyak karena dalam melakukan evakuasi atau pertolongan itu mesti dilemgkapi alat keselamatan yang memadai. Oleh karena itu kita juga berharap agar aspirasi ini di dengar oleg BTB RI," harapnya.


Sementara itu Direktur Baznas BTB RI Dian Adiya Mandana Putri, menuturkan pihaknya menerima banyak aspirasi dari Banznas Kabupaten Kota dalam kegiatan ini. Ia juga mengatakan setelah kegiatan ini akan membentuk BTB di tiap kabupaten kota yang 
ada di Sulsel.


"Memang di Sulawesi selatan sudah banyak yang merasakan manfaay terbentuknya BTB ini. Jadi segera setelah kagiatan hari ini seluruh Baznas se sulsel meyakini untuk membentuk BTB di wilayah kotanya masing-masing. Dan segala aspirasi ini kita akan sampaikan ke Baznas pusat, bagaimana agar kita membantu masyarakat di lokasi bencana dengan alat yang memadai," pungkasnya.

Penulis: Fahrul/B